PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI PUASA SUNNAH DAN WAJIB DENGAN METODE EVERYONE IS TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII SMP N 8 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

UE), Muhamad Agung N (belum (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI PUASA SUNNAH DAN WAJIB DENGAN METODE EVERYONE IS TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII SMP N 8 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nugroho, Muhamad Agung. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Puasa Sunnah dan Wajib Dengan Metode Every One Is A Teachere Here Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi program studi Pendidikan Agama Islam dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga, pembimbing Mufiq, S,Ag., M.Phil. Kata Kunci: Hasil Belajar, Every One Is A Teacher Here. Dalam pembelajaran PAI di SMP N 8 Salatiga guru hanya menggunakan metode ceramah sebagai metode dominan dan jarang sekali guru menerapkan metode-metode lainnya. Dengan demikian, peneliti bertujuan untuk menerapkan metode every one is a teacher here untuk usaha meningkatkan hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama islam materi puasa sunnah dan wajib. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi puasa sunnah dan wajib pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 8 Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP N 8 Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah hasil belajar PAI pada materi puasa sunnah dan wajib melalui metode every one is a teacher here. Tehnik pengumpulan data yang di gunakan berupa tes, dokumentasi dan obsevasi terhadap guru dan siswa. Hasil tes dianalisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan metode every one is a teacher here dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI materi puasa sunnah dan wajib pada siswa kelas VIII H SMP N Salatiga. Hal ini terbukti dari hasil belajar yang meningkat yaitu nilai pra siklus siswa yang mencapai KKM 12 siswa atau 40 % dan yang belum mencapai KKM 18 siswa atau 60%. Selanjutnya pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 24 siswa atau 80% dan yang belum mencapai KKM 6 siswa atau 20% dengan nilai rata-rata kelas 78,2, siklus II yang mencapai KKM sebanyak 30 siswa atau 100% dan rata-rata kelasnya 85,2.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2021 17:19
Last Modified: 25 Oct 2021 17:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11755

Actions (login required)

View Item View Item