PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN SPIRITUAL DAN SOSIAL MASYARAKAT GUNUNG KEMUKUS DESA PENDEM KECAMATAN SUMBERLAWANG KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2021

chanifah, muhammad (2021) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN SPIRITUAL DAN SOSIAL MASYARAKAT GUNUNG KEMUKUS DESA PENDEM KECAMATAN SUMBERLAWANG KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muhammad Chanifah. 2021. Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Spiritual dan Sosial Masyarakat Gunung Kemukus Kecamatan Sumberlawang Kabupaten Sragen Tahun 2021. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kaguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Purnomo, M.Pd.I Kata Kunci: Penanaman Nilai, Pendidikan Spiritual, Sosial, Gunung Kemukus Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik penanaman nilai-nilai pendidikan spiritual dan sosial masyarakat di Gunung Kemukus. Pertanyaan utama yang dijawab dalam penelitian ini adalah: Bagaimana praktik penanaman nilai-nilai pendidikan spiritual dan sosial di lingkungan Gunung Kemukus? Apa saja faktor penghambat dalam penanaman nilai-nilai pendidikan spiritual dan sosial di lingkungan Gunung Kemukus? Apa saja yang menjadi faktor pendukung dalam penanaman nilai-nilai pendidikan spiritual dan sosial di lingkungan Gunung Kemukus? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan merupakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan data sekunder, adapun sumber data primer yaitu hasil dari observasi serta wawancara dan sumber data sekunder yaitu buku serta dokumen lainnya. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan praktik penanaman nilai-nilai pendidikan spiritual dan sosial masyarakat Gunung Kemukus desa Pendem kecamatan Sumberlawang kabupaten Sragen tahun 2021 yang dilakukan menggunakan tiga metode. Faktor yang menghambat dalam penanaman nilai-nilai pendidikan spiritual dan sosial terdapat dua faktor, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor pendukung dalam praktik penanaman nilai-nilai pendidikan spiritual dan sosial yaitu adanya motivasi dari diri masyarakat tersebut dan adanya dorongan dari luar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Oct 2021 23:11
Last Modified: 25 Oct 2021 23:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11769

Actions (login required)

View Item View Item