HUBUNGAN ADIKSI GAME ONLINE TERHADAP EMPATI PADA REMAJA

salamah, Farikhah nazilatus (2021) HUBUNGAN ADIKSI GAME ONLINE TERHADAP EMPATI PADA REMAJA. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi_Farikha Nazilatus Salamah_43040170016_Psikologi Islam_S1.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian dalam skripsi ini terdapat tiga hal, yaitu: 1) untuk mengetahui tingkat adiksi game online pada remaja, 2) untuk mengetahui tingkat empati pada remaja, dan 3) untuk mengetahui apakah ada hubungan adiksi game online terhadap empati pada remaja. Penelitian dalam skripsi ini termasuk penelitian lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan metode kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) yang dibagikan kepada responden dengan mengisi pernyataan dalam google form yang diajukan oleh peneliti. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program bantuan Microsoft excel dan SPSS. Populasi dalam penelitan ini adalah remaja pemain game online yang bertempat tinggal di Dusun Kalisari Desa Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang dengan jumlah 73 sebagai sampel penelitian dan remaja pemain game online yang bertempat tinggal di Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo dengan jumlah 30 orang sebagai uji coba instrument penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan oleh peneliti diterima yaitu adanya hubungan antara adiksi game online dengan empati pada remaja. Berdasarkan analisis deskriptif data tentang adiksi game online pada remaja terdapat 6 orang atau 8,2% dalam kategori rendah, 63 orang atau 86,3% dalam kategori sedang, dan 6 orang atau 8,2% dalam kategori tinggi. Sedangkan empati pada remaja terdapat 4 orang atau 5,5% dalam kategori rendah, 63 orang atau 86,3% dalam kategori sedang dan 6 orang atau 8,2% dalam kategori tinggi. Uji hipotesis yang dilakukan dengan teknik korelasi product moment diperoleh nilai signifikansi 0,000<0,05 dengan nilai person correlation sebesar 0,462. Dalam hal ini berarti dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti adanya hubungan yang signifikan antara adiksi game online dengan empati pada remaja dengan derajat hubungan berkorelasi sedang.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu budaya
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2021 16:55
Last Modified: 27 Oct 2021 09:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11792

Actions (login required)

View Item View Item