Sari, Synthia Wulan (2016) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Lingkungan Melalui teknik Mind Map pada Siswa Kelas III MI Tamrinul Ulum Jetis Gentan Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Text
SKRIPSI PDF FIX.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di MI Tamrinul Ulum Jetis memiliki hasil belajar yang rendah, dimana hal ini tidak lepas dari proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Hal ini berkaitan dengan masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: Apakah teknik Mind Map dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi lingkungan pada siswa kelas III MI Tamrinul Ulum Tahun Pelajaran 2016/2017? Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklusnya terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan II diperoleh data sebagai berikut: Standar KKM mata pelajaran IPA adalah 67, sebelum menggunakan teknik Mind Map hanya ada 25% (4 siswa) yang tuntas, sedangkan 75% (12 siswa) belum memenuhi standar KKM. Setelah menggunakan teknik Mind Map dalam pembelajaran IPA pada siklus I diperoleh data 56,25% (9 siswa) tuntas dan 43,75% (7 siswa) tidak tuntas. Setelah dilakukan refleksi siklus I, terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II yaitu 87,5% (14 siswa) tuntas sedangkan 12,5% (2 siswa) tidak tuntas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Mar 2017 07:26 |
Last Modified: | 13 Mar 2017 07:26 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1183 |
Actions (login required)
View Item |