PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VII DI MTs AMAL SHOLEH GETASAN TAHUN 2021

NOVA, TITIN (2021) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VII DI MTs AMAL SHOLEH GETASAN TAHUN 2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI TITIN NOVA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh dari fasilitas belajar terhadap prestasi belajar pada siswa kelas VII di MTs Amal Sholeh Getasan Tahun 2021 2) Untuk mengetahui pengaruh dari lingkungan pondok pesantren terhadap prestasi belajar pada siswa kelas VII di MTs Amal Sholeh Getasan Tahun 2021 3) Untuk mengetahui pengaruh dari fasilitas belajar dan lingkungan pondok pesantren terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di MTs Amal Sholeh Getasan Tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang berkaitan dengan tanggapan siswa, kajian pustaka, dan jurnal-jurnal mengenai fasilitas belajar dan lingkungan pondok pesantren. Data akan dianalisa dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai samnpel. Landasan teori yang digunakan adalah mengenai fasilitas belajar, lingkungan pondok pesantren, dan prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan teknik analisis program SPSS V.24. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari fasilitas belajar dan lingkungan pondok pesantren baik secara parsial maupun simultan terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di MTs Amal Sholeh Getasan hal tersebut di ketahui dari hasil pengujian parsial yang memperoleh bahwa nilai thiung X1 dan X2 > ttabel yaitu X1 3,148 > 2,030 dan X2 3,973 > 2,030. Secara simultan nilai sig < 0,05 / nilai Fhitung > Ftabel yaitu 0,000 < 0,05 dan 44,491 > 3,26. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa persentase pengaruh dari fasilitas belajar dan lingkungan pondok pesantren terhadap prestasi belajar adalah sebesar 72,0%, sedangkan 28% dipengaruhi oleh faktor lain diluar dari fasilitas belajar dan lingkungan pondok pesantren.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2021 20:18
Last Modified: 28 Oct 2021 20:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11850

Actions (login required)

View Item View Item