PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERIPERKALIAN MELALUI PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) PADA SISWA KELAS III SEMESTER I DI MI ASYSYAFI’IYYAH JATIREJO KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017

Khasani, Awalina Rizqi (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERIPERKALIAN MELALUI PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) PADA SISWA KELAS III SEMESTER I DI MI ASYSYAFI’IYYAH JATIREJO KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
skripsi awalina.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education)dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian pada siswa kelas IIIsemester I di MI Asysyafi’iyyah Jatirejo Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini guru mata pelajaran Matematika dan siswa kelas IIIMI Asysyafi’iyyah Jatirejo terdiri dari 20 siswa yaitu 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan selama 4 bulan mulai Mei sampai Agustus 2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan membandingkan pencapaian nilai tiap siklus dengan ditandai adanya peningkatan Kriteria Keruntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan II diperoleh data sebagai berikut: Standar KKM mata pelajaran Matematika adalah 65, sebelum menggunakanPendekatan RME (Realistic Mathematics Education)hanya ada 20% (4 siswa) yang tuntas, sedangkan 80% (16 siswa) belum memenuhi standar KKM. Setelah menggunakan Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education)dalam pembelajaran Matematika pada siklus I diperoleh data 55% (11 siswa) tuntas dan 45% (9 siswa) tidak tuntas. Jika dilihat peningkatannya sebesar 35%. Setelah dilakukan refleksi siklus I, terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II yaitu 90% (18 siswa) tuntas sedangkan 10% (2 siswa) tidak tuntas atau belum memenuhi standar KKM, terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 35% dibandingkan dengan siklus I. Perbandingan hasil belajar dengan pra siklus dengan siklus I yaitu terjadi peningkatan sebesar 35%. Sedangkan jika dibandingkan dengan siklus II terjadi peningkatan 70%

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Mar 2017 02:20
Last Modified: 14 Mar 2017 02:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1187

Actions (login required)

View Item View Item