PRAKTIK PENETAPAN BESARAN IURAN DANA PEMBANGUNAN MUSHOLLA AL-HUDA DALAM PERSPEKTIF MASHLAHAH (Studi Kasus di Kampung Mbesalen Desa Tunggak Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan)

Egayawanti, Aprilia (2021) PRAKTIK PENETAPAN BESARAN IURAN DANA PEMBANGUNAN MUSHOLLA AL-HUDA DALAM PERSPEKTIF MASHLAHAH (Studi Kasus di Kampung Mbesalen Desa Tunggak Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Aprilia Egayawanti.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penetapan besaran iuran dana pembangunan musholla al-Huda di kampung Mbesalen desa Tunggak kecamatan Toroh kabupaten Grobogan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik penetapan besaran iuran dana pembangunan musholla al-Huda di Kampung Mbesalen desa Tunggak kecamatan Toroh kabupaten Grobogan dan praktik penetapan besaran iuran dana pembangunan musholla al-Huda di Kampung Mbesalen desa Tunggak kecamatan Toroh kabupaten Grobogan dalam perspektif mashlahah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif (field research) atau jenis penelitian lapangan, yang bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah yuridis empiris. Dalam teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah penetapan besaran iuran dana pembangunan musholla al-Huda Mbesalen dilakukan berdasarkan musyawarah mufakat antara warga dan panitia yang disaksikan oleh para tokoh agama Mbesalen. Besaran yang ditetapkan bagi setiap KK adalah Rp.1.800.000,00 (satu juta delapan ratus ribu rupiah) yang dapat diangsur setiap 4 bulan sekali. Penetapan tersebut diperbolehkan karena kondisi musholla yang sudah rusak dan kebutuhan terhadap sarana ibadah yang nyaman, aman, dan cukup. Bahwa penetapan besaran iuran dana pembangunan musholla al-Huda Mbesalen sesuai dengan mashlahah. Atau dengan kata lain penetapan itu adalah sarana menjaga agama yang terkategorikan ke dalam mashlahah dharuriyyah. Dengan demikian penetapan iuran itu berdampak positif bagi terjaganya badan dan jiwa jama‟ah, dan itu merupakan penjagaan terhadap jiwa yang termasuk dalam mashlahah dharuriyyah juga. Penetapan besaran iuran dana pembangunan musholla al-Huda menjadi sarana terwujudnya kemashlahatan primer bagi warga Mbesalen. Dalam kajian ushul fiqh, mashlahah yang menjadi pengantar terwujudnya mashlahah dharuriyyah adalah mashlahah hajiyah. Penetapan besaran iuran dana pembangunan musholla al-Huda yang menjadikan musholla mempunyai sarana yang lebih baik, membuat rasa nyaman bagi jama‟ah untuk lebih khusyu‟ dalam melaksanakan sholat. Keindahan, kenyamanan, dan kepuasan sangat erat hubungannya dengan mashlahah tahsiniyyah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2021 16:45
Last Modified: 01 Nov 2021 16:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11911

Actions (login required)

View Item View Item