IQOMUDIN, MUHAMAD (2021) PENGARUH KREATIVITAS MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII G SMP N 3 SALATIGA TAHUN AJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]
Text
MUHAMAD IQOMUDIN 23070170091 Tadris Matematika fix.pdf Download (2MB) |
Abstract
Iqomudin, Muhamad. 2021. Pengaruh Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VII G SMP N 3 Salatiga Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika IAIN Salatiga. Pembimbing : Prof. Dr. Winarno, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Kreativitas; Guru; Prestasi Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kreatifitas guru, gambaran prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa, dan pengaruh kreativitas guru terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII G di SMP Negeri 3 Salatiga tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pendekatan analisis regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh suatu variabel terikat terhadap variabel bebas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-G SMP Negeri 3 Salatiga yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kreativitas guru, dokumen yang meliputi dokumen nilai prestasi belajar siswa, dokumen sekolah, dokumentasi foto, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru merupakan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mata pelajaran matematika yang mempunyai pengaruh yang signifikan antara kreativitas guru guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa kelas VII G di SMP Negeri 3 Salatiga. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa 1) Ada variasi data kreativitas guru yang didapat berdasarkan hasil perhitungan variasi data dan diperoleh nilai mean 60,03. 2) Ada variasi data prestasi belajar siswa yang didapat dari hasil perhitungan variasi data dan diperoleh nilai mean 38,67. 3) Ada pengaruh antara kreativitas guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran matematika siswa, berdasarkan nilai yang didapat dari analisis regresi sederhana dengan perhitungan menggunakan aplikasi SPSS dan diambil nilai koefisien regresi yang bernilai positif (+) maka dapat dikatakan bahwa pengaruh kreativitas guru berpengaruh positif terhadap prestasi mata pelajaran matematika dan dengan bentuk persamaan yang didapatkan dari analisa data penelitian yakni garis regresi adalah Y = 20,416 + 0,304. Hasil uji signifikansi koefisien korelasi kreativitas guru terhadap prestasi belajar matematika siswa menunjukkan bahwa R square 0,186. Nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh kreativitas guru terhadap prestasi belajar matematika siswa adalah 18,6% sedangkan 81,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 01 Nov 2021 17:00 |
Last Modified: | 09 Nov 2021 08:54 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11913 |
Actions (login required)
View Item |