ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI PENYAJIAN DATA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA SISWA KELAS VII SMP PLUS ASSYAFA’AH KARANGGEDE TAHUN PELAJARAN 2020/2021

NURROHMAN, (2021) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI PENYAJIAN DATA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA SISWA KELAS VII SMP PLUS ASSYAFA’AH KARANGGEDE TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_NURROHMAN 037 (T.MTK)-2.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nurrohman. 2021. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Materi Penyajian Data Berdasarkan Prosedur Newman pada Siswa KelasVII SMP Plus Assyafa’ah Karanggede Tahun Pelajaran 2020/2021 . Skripsi, Salatiga. Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Jaka Siswanta, M.Pd. Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Newman, Penyajian Data. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam mengerjakan soal materi penyajian data beserta dengan faktor-faktor penyebabnya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Melibatkan semua siswa kelas VII SMP Plus Assyafa’ah Karanggede dalam pengerjaan soal tes dan 9 siswa dalam proses wawancara. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa saat mengerjakan soal materi penyajian data berdasarkan analisis Newman adalah: kesalahan pemahaman sebesar 7,14%; kesalahan transformasi sebesar 17,8%; kesalahan keterampilan proses sebesar 30,36%; dan kesalahan yang paling sering dilakukan oleh siswa adalah kesalahan dalam penulisan jawaban akhir sebesar 44,64%. Jadi kesalahan yang paling sering dilakukan oleh siswa adalah kesalahan penulisan jawaban akhir. Faktor-faktor penyebab kesalahan yaitu kurangnya pemahaman siswa tentang materi penyajian data, kurangnya pemahaman siswa terhadap apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dalam soal, kesalahan dalam memilih rumus yang tepat digunakan untuk menyelesaikan soal, tidak tepat dalam memilih operasi, kurangnya ketelitian siswa dalam proses perhitungan, kurangnya ketelitian siswa dalam menuliskan jawaban akhir.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2021 17:13
Last Modified: 01 Nov 2021 17:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11916

Actions (login required)

View Item View Item