PEMBINAAN KEPRIBADIAN MUSLIM DAN KETERAMPILAN PADA KARANG TARUNA DI DUSUN KEBONOMBO DESA PAGERSARI KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2021

Hanif, Naziatul (2021) PEMBINAAN KEPRIBADIAN MUSLIM DAN KETERAMPILAN PADA KARANG TARUNA DI DUSUN KEBONOMBO DESA PAGERSARI KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
3.2. Naziatul Hanif 23010170100.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Hanif, Naziatul. 2021. “Pembinaan Kepribadian Muslim dan Keterampilan Pada Karang Taruna di Dusun Kebonombo, Desa Pagersari, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang Tahun 2021”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sya’ban Maghfur, M.Pd.I. Kata Kunci: Pembinaan Kepribadian Muslim, Keterampilan, Karang Taruna, Dusun Kebonombo Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pembinaan kepribadian muslim dan keterampilan pada karang taruna di Dusun Kebonombo. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dalam pembinaan kepribadian muslim dan keterampilan pada karang taruna di Dusun Kebonombo. 3) Untuk mengetahui faktor penghambat dalam pembinaan kepribadian muslim dan keterampilan pada karang taruna di Dusun Kebonombo. 4) Untuk mengetahui hasil yang telah dicapai dari pelaksanaan pembinaan kepribadian muslim dan keterampilan pada karang taruna di Dusun Kebonombo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sekunder. Pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara redukasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pembinaan kepribadian muslim karang taruna antara lain diadakan kegiatan rutin yasinan karang taruna, shalawat al-barjanji, dan tadarus al-Qur’an dibina untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan agama Islam yang sempurna. Pembinaan keterampilan seni karang taruna antara lain hadroh/banjari, rebana modern, marching band, kuda lumping, akustik band, rodat, qasidah/dangdut dibina untuk berkreativitas sesuai dengan bakat dan minat pemuda. 2) faktor pendukung antara lain semangat dan motivasi yang kuatdalam diri karang taruna sendiri dan dorongan dari orang tua. 3) Faktor penghambat antara lain faktor dari lingkungan sekitar dan mempunyai rasa malu untuk bersosialisasi antar masyarakat. 4) Hasil yang telah dicapai antara lain menambah ketaqwaan pada karang taruna dan memunculkan sikap bersosialisasi masyarakat, karang tarunanya semakin aktif dan kreatif sesuai dengan bakat yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2021 16:53
Last Modified: 02 Nov 2021 16:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11935

Actions (login required)

View Item View Item