PEMBINAAN KEPRIBADIAN MUSLIM DAM KEWIRAUSAHAAN PADA REMAJA KARANG TARUNA DUSUN KEBATAN KELURAHAN KRADENAN KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN SEMARANG

azizah, awalia noor (2021) PEMBINAAN KEPRIBADIAN MUSLIM DAM KEWIRAUSAHAAN PADA REMAJA KARANG TARUNA DUSUN KEBATAN KELURAHAN KRADENAN KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Awalia Noor Azizah-23010170091.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Azizah, Awalia Noor. 2021. Pembinaan Kepribadian Muslim Dan Kewirausahaan Pada Remaja Karang Taruna Dusun Kebatan, Kelurahan Kradenan, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Semarang Tahun 2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Mukh Nursikin, M.Si. Kata Kunci: Kepribadian Muslim, Kewirausahaan, Karang Taruna Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pembinaan kepribadian muslim pada remaja melalui kegiatan karang taruna di Dusun kebatan. (2) Untuk mengetahui pembinaan kewirausahaan pada remaja melalui kegiatan karang taruna di Dusun kebatan. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan pembinaan kepribadian muslim dan kewirausahaan di Dusun Kebatan, Kelurahan Kradenan, Kecamatan Kaliwungu, kabupaten semarang Tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif (field research), sumber data penelitian ini meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui tringulasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara redaksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pembinaan kepribadian muslim melalui karang taruna adalah melalui berbagai kegiatan antara lain : TPA dan bimbingan belajar para remaja dibina untuk menjadi pendidik & mengajarkan membaca Al Qur’an yang membentuk rasa tanggung jawab, BBK (Beramal Bersama Kebatan) mengajarkan sedekah yang melatih sikap peduli dan tolong menolong kepda orang yang membutuhkan, membersihkan musholla yang mengajarkan hidup sehat dan bersih secara islami, serta membuat kelompok belajar melatih sikap empati, jiwa sosial untuk menjadi pribadi yang berkualitas. (2) Pembinaan kewirausahaan pada remaja karang taruna adalah kegiatan Bank sampah dan jasa sablon baju yaitu para remaja dibina untuk memiliki jiwa wirausaha sosial yang dapat mendorong dan momotivasi pemuda karang taruna agar memiliki jiwa mandiri dan kreative, penjualan buah papaya, rambutan dan Catering Snack & Cookies yang dapat menumbuhkan jiwa pantang menyerah, berani menanggung resiko, memiliki sifat kreatif pada remaja serta memberikan hasil dalam peningkatan pendapatan ekonomi karang taruna. (3) Faktor pendukungnya adalah Kemauan dan kesadaran diri para remaja karang taruna untuk melakukan kegiatan serta mendapatkan dukungan dari orang tua dan masyarakat dalam melaksanakan program kerja pada karang taruna, Faktor penghambatnya adalah miss communication dan kadang terjadi konflik antar anggota karang taruna.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2021 16:53
Last Modified: 02 Nov 2021 16:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11936

Actions (login required)

View Item View Item