BUDIYATI, ELINDA (2021) EFEKTIVITAS MODEL ARTIKULASI DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA KELAS VIII SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripsi_Elinda Budiyati_23060170019_T.IPA-dikonversi.pdf Download (5MB) |
Abstract
Budiyati, Elinda. 2021. Efektifitas Model Artikulasi dengan Teknik Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Gerak Manusia Kelas VIII SMP Dharma Lestari Salatiga Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Fenny Widiyanti, M.Pd Kata Kunci: Efektivitas; Artikulasi; Mind Mapping; Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional materi sistem gerak manusia kelas VIII SMP Dharma Lestari Salatiga tahun pelajaran 2020/2021 (2) Mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model artikulasi dengan teknik mind mapping materi sistem gerak manusia kelas VIII SMP Dharma Lestari Salatiga tahun pelajaran 2020/2021 (3) Mengetahui efektivitas model artikulasi dengan teknik mind mapping terhadap hasil belajar siswa materi sistem gerak manusia kelas VIII SMP Dharma Lestari Salatiga tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Dharma Lestari. Pengambilan sampel manggunakan purposive sampling, dengan kelas VIII D sebagai kelas kontrol dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal yang telah diuji keabsahannya dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya beda. Adapun metode pengambilan data yang digunakan adalah dengan Pretest dan Posttest. Analisis data menggunakan program SPSS 22.0 yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji t-test (Independent Samples T-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi sistem gerak manusia diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen (75,18) > kelas kontrol (67,88). Hal tersebut dibuktikan melalui analisis uji hipotesis yaitu uji t-test (Independent Samples T-Test). Berdasarkan uji Independent Samples T-Test diperoleh nilai t hitung (2,936) > t tabel (2,000) dan nilai signifikansi (0,005) < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model artikulasi dengan teknik mind mapping efektif terhadap hasil belajar siswa materi sistem gerak manusia kelas VIII SMP Dharma Lestari Salatiga tahun pelajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? IPA ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 02 Nov 2021 20:06 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 20:06 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11944 |
Actions (login required)
View Item |