Setiyawan, much Aulia Esa (2017) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT SUNAN KALIJAGA. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Text
10. Skripsi Esa Full.pdf Download (3MB) |
Abstract
Sekarang ini banyak terjadi penyimpangan-penyimpangan moral dan akhlak yang dilakukan peserta didik akibat pengaruh negatif pergaulanbebas karena perkembangan zaman. Para siswa berani berkata kasar, membolos, tawuran antar pelajar, balapan liar, aksi corat-coret baju sekolah dilanjutkan konvoi saat kelulusan,berpacaran hingga kadang sampai hamil dan lain sebagainya.Pendidikan karakter merupakan salah satu cara efektif sebagai penanggulangan krisis moral dan akhlak peserta didik tersebut. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) Bagaimana keunikan cara penyebaran nilai-nilai luhur yang dilakukan Sunan Kalijaga di pulau Jawa. (2) Bagaimana konsep pendidikan karakter menurut Sunan Kalijaga. (3)Bagaimanarelevansi konsep pendidikan karakter menurut Sunan Kalijaga yang terkandung dalam karya-karya dan ajarannya di era globalisasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif karena berusaha mengumpulkan data, menganalisa, dan membuat interpretasi secara mendalam tentang pemikiran tokoh Sunan Kalijaga. Jenis penelitian ini merupakan penelitian etnografis karena mendeskripsikan suatu kebudayaaan yang bersumber dari karya-karya dan ajaran Sunan Kalijaga. Metodenya menggunakan telaah kepustakaan, yaitu penelitian yang dilakukan di perpustakaan yang objek penelitiannya dicari lewat beragam informasi kepustakaan.Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menganalisis proses dan maknadari sudut pandang peneliti mengenai konsep dan pemikiran pendidikan karakter menurut Sunan Kalijaga,serta relevansinya dengan masa kini dengan menggunakan teori yang telah ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sunan Kalijaga merupakan tokoh yang unik, karena mampu membuat strategi dakwahyang berbeda dari pendakwah lainnya.Keunikan beliau tergambar pada saat para pendakwah lain hanya menggunakan media ceramah saja, tetapi Sunan Kalijaga mampu berdakwah dengan media seni suara, menjadi dalang, membuat gamelandan lain sebagainya. Implementasi karya dan ajaran beliau terbukti sangat efektif dalam meyakinkan orang-orang untuk memeluk Islam dengan segala aturannya termasuk dalam berperilaku. Sunan Kalijaga mampu memasukkan nilai-nilai agama Islam dari Al-Qur’an dan Hadis pada budaya dan adat yang sudah berlaku sebelumnya dengan cara mengikuti sambil mempengaruhi sedikit demi sedikit. Oleh karena itu, strategi beliau bisa relevan di zaman sekarang dengan cara mampuberinovasi, kreatif dan mentransformasikannilai-nilai Islam dari karya dan ajaran Sunan Kalijaga secara efektif untukmenanamkan karakterterpuji yang berimbas kepadaperilaku dan moral peserta didik yang berorientasi pada nilai kebaikan hidup sesuai ajaran Islam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 14 Mar 2017 03:08 |
Last Modified: | 14 Mar 2017 03:08 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1195 |
Actions (login required)
View Item |