ANALISIS KESESUAIAN ISI BUKU SISWA KELAS IV SD/MI TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU BERDASARKAN EMPAT KOMPETENSI DALAM KURIKULUM 2013

haryanti, umu (2021) ANALISIS KESESUAIAN ISI BUKU SISWA KELAS IV SD/MI TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU BERDASARKAN EMPAT KOMPETENSI DALAM KURIKULUM 2013. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Umu Haryanti-23040170022-PGMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian isi buku siswa kelas IV SD/MI Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Berdasarkan Empat Kompetensi dalam kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix methods, yaitu penggabungan antara metode kuantitatif dan kualitatif dalam suatu penelitian. Pendekatan kualitatif pada penjabaran data lapangan, dan pendekatan kuantitatif pada persentase hasil kesesuaian isi buku teks. Dalam menganalisis data penulis menggunakan skoring dan dirumuskan menggunakan kriteria kesesuaian isi buku teks. Sumber data dalam penelitian ini meliputi data primer yaitu buku siswa kelas IV SD/MI Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku dan data sekunder yang diperoleh dari beberapa jurnal yang berkaitan dengan penelitian ini. Pengumpulan data yang digunakan adalah pengkajian isi (content analysis). Hasil analisis buku siswa kelas IV SD/MI Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Berdasarkan Empat Kompetensi dalam Kurikulum 2013 adalah sebagai berikut: (1) Kesesuaian pada aspek Spiritual adalah sebesar 45,83% termasuk dalam kriteria cukup sesuai. Kekurangannya berada pada gambar yang tidak disertai sumbernya darimana. (2) Kesesuaian pada aspek sosial adalah sebesar 100% atau pada kategori sangat sesuai karena didukung oleh penyajian materi yang dapat menumbuhkembangkan aspek sosial, sikap positif, dan karakter. (3) Kesesuaian pada aspek pengetahuan adalah sebesar 100% termasuk dalam kategori sangat sesuai. karena dari ke enam indikator yang dianalisis secara keseluruhan berada dalam kategori sangat sesuai, diantaranya pada indikator “keluasan materi” di mana indikator tersebut sudah sesuai dengan KD pada KI-3. (4) Kesesuaian pada aspek keterampilan adalah sebesar 75% atau pada kategori sesuai. Kekurangannya berada pada indikator “mendorong untuk mencari informasi lebih jauh”, karena terdapat materi yang tidak mendorong untuk mencari informasi yang lebih jauh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Nov 2021 15:58
Last Modified: 03 Nov 2021 15:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11956

Actions (login required)

View Item View Item