PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERIKEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBERDAYA ALAM MELALUIMODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS IV DI MI MIFTAHUL FALAH BATUR 01 KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016

Jamari, Ahmad (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERIKEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBERDAYA ALAM MELALUIMODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS IV DI MI MIFTAHUL FALAH BATUR 01 KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
ahmad jamari.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan pembuktian dari model pembelajaran quantum teaching, yang dituangkan dalam bentuk rumusan masalah penelitian yaitu: Apakah quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam ? dari hal inilah kemudian dapat dirumuskan tujuan penulisan agar penelitian dapat terarah secara jelas, Yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam melalui model pembelajaran quantum teaching pada kelas IV MI Miftahul Falah Batur 01 kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang diartikan sebagai kajian sistematik dari upaya perbaikan pelaksanaan praktek pendidikan oleh sekelompok guru dengan melakukan tindakan-tindakan dalam pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelasdikenal dengan sebuah siklus yang berbentuk spiral berupa siklus I yang terdiri dari (perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi) dan seterusnya sampai penelitian menemukan ukuran atau keberhasilan. Pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam kelas IV di MI Miftahul Falah Batur 01 Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang. Hal itu dapat dilihat dari hasil tes dari setiap siklus penelitian yang selalu meningkat. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 7 siswa atau 43, 75 % dengan rata-rata kelas 65,31 siklus II yang tuntas sebanyak 11 siswa atau 68,75 % dan rata-rata kelasnya 72,1875 dan siklus III hasil belajar siswa87, 50% mampu mencapai nilai KKM yang ditentukan dan dengan rata-rata kelas 76,875.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Mar 2017 03:27
Last Modified: 14 Mar 2017 03:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1196

Actions (login required)

View Item View Item