IMPLEMENTASI HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTERI LONG DISTANCE RELATIONSHIP DALAM PERSPEKTIF MAQASID ASY-SYARIAH (Studi Kasus Desa Jatirejo Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang)

Rahmawati, Azizah (2021) IMPLEMENTASI HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTERI LONG DISTANCE RELATIONSHIP DALAM PERSPEKTIF MAQASID ASY-SYARIAH (Studi Kasus Desa Jatirejo Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi Azizah Rahmawati-33010170102.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Rahmawati, Azizah. 2021. Implementasi Hak dan Kewajiban Suami Isteri Long Distance Relationship dalam Perspektif Maqasid Asy-syariah (Studi Kasus Desa Jatirejo Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang). Skripsi. Program Hukum Keluarga Islam. Fakultas Syariah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Dosen Pembimbing: Drs. Machfudz, M.Ag. Kata kunci : Implementasi, Hak Suami Istri, LDR, Dan Maqasid Asy-syariah. Long Distance Relationship adalah hubungan jarak jauh. Di desa Jatirejo Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang banyak pasangan yang menjalankan LDR meskipun sudah menikah, dan tentu saja hak dan kewajibannya tidak terpenuhi sebagaimana pasangan pada umumnya, namun angka perceraian hampir tidak ada. Oleh karena itu penulis ingin meneliti tentang implementasi hak dan kewajiban suami isteri Long Distance Relationship dalam perspektif maqasid asy-syariah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi hak dan kewajiban suami isteri LDR dan bagaimana tinjauan maqasid asy-syariah terhadap implementasi hak dan kewajiban suami isteri LDR. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian lapangan yang dimana penulis melakukan penelitian secara langsung ke lokasi. Karena penulis ingin menjelaskan pokok permasalahan dan menganalisis dengan maqasid asy-syariah. Peneliti menggabungkan antara praktik lapangan dan teori apakah sudah sesuai dengan maqasid asy-syariah. Dengan pendekatan penelitian yuridis empiris yaitu mengkai ketentuan hukum yang berlaku dan yang terjadi dalam masyarakat. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi kepada warga yang menjalani LDR. Kemudian penulis menganalisis dengan pegumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh, peneliti menyimpulkan bahwa, implementasi hak dan kewajiban yang dilakukan ketiga pasangan suami istri adalah kepercayaan, kejujuran, keterbukaan, saling setia, menjaga komunikasi, dan memiliki sikap humoris. Kendala yang dihadapi ketiga pasangan adalah saat terjadi kesulitan tidak didampingi pasangan, penyelesaikan permasalahan tertunda karena faktor jarak yang jauh, sulit menentukan waktu luang dan semangat dalam sehari-hari berbeda jika ada pasangan. Berdasarkan kaidah usul fiqih dan teori maqasid asy-syariah, bahwa keluarga di Desa Jatirejo Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang telah dapat melaksanakan hak dan kewajibannya untuk memelihara agama, memelihara jiwa, memelihara akal, memelihara keturunan, dan memelihara harta.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Nov 2021 20:33
Last Modified: 04 Nov 2021 20:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/11996

Actions (login required)

View Item View Item