Lestari, Wiwin Puji (2021) NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN MENURUT CHOIRUL MAHFUD IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
WIWIN PUJI LESTARI (230101600980) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM S1.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian untuk mengetahui nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran pada Pendidikan Multikultural menurut Choirul Mahfud dan dikaitkan implikasinya terhadap pendidikan Islam. Hal-hal yang dijawab dalam penelitian ini adalah: pertama, mengupas nilai-nilai multikultural yang harus dipahami oleh masyarakat. Kedua, nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran menurut Choirul Mahfud. Ketiga, nilai-nilai multikultural pada pendidikan multikultural dan implikasinya dalam pendidikan Islam. Penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni buku Pendidikan Multikultural yang penulisnya adalah Choirul Mahfud. Dan sumber sekunder yaitu buku/artikel sebagai pendukungnya. Teknik Pengumpulan data ini dilakukan dengan analisis secara kritis dan mendalam, sedangkan analisis data digunakan prinsip berpikir induktif dan deduktif dari Suprapto (2017). Penelitian dilakukan dengan teknik deskripsi analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Pendidikan Multikultural dan pendidikan Islam dalam prinsip dan tujuannya sangat relevan dan saling akomodatif. Nilai-nilai multikultural memiliki kesamaan dengan nilai-nilai inti yang terdapat dalam ajaran Islam terkait hablun minannas. Multikulturalisme adalah anugerah dan rahmat bagi kehidupan semesta. Sesuai dengan ajaran Islam yang memiliki tujuan mulia yaitu rahmatan li al-‘alamin. Kedua, penanaman nilai-nilai multikultural di Indonesia yang kaya keberagaman budaya merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi di dalam negeri ini karena tidak akan menjadi manusia Indonesia yang baik, kalau tidak memahami multikulturalisme. Multikulturalisme sebagai penghormatan dan penghargaan terhadap segala bentuk keberagaman dan perbedaan baik etnis, suku, ras agama maupun simbol-simbol perbedaan lainnya menjadi penting untuk ditanamkan dalam dunia pendidikan. Sebab multikulturalisme itu lah yang menjadi semangat dari pembentukan bangsa ini. Ketiga, penempatan pendidikan agama dinilai sangat strategis dalam hubungannya dengan pendidikan multikultural karena sebagai basis nilai dari keseluruhan proses pembelajaran di sekolah. Pembelajaran berbasis budaya (multikultur) dengan pembelajaran agama adalah bagian integral keseluruhan proses pembelajaran di sekolah dengan kurikulumnya dalam arti luas atau sempit.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 09 Nov 2021 01:46 |
Last Modified: | 09 Nov 2021 01:46 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12029 |
Actions (login required)
View Item |