IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI MULTIKASUS MOTIVASI DAN PARTISIPASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 2 UNGARAN, SMA NEGERI 1 TUNTANG, DAN SMA NEGERI 1 AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG) Tahun 2020

Faishal, Muhammad (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI MULTIKASUS MOTIVASI DAN PARTISIPASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 2 UNGARAN, SMA NEGERI 1 TUNTANG, DAN SMA NEGERI 1 AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG) Tahun 2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis .pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran learning cycle 5e masa pandemi covid-19 mata pelajaran pendidikan agama islam kelas XI. Ada beberapa hal utama dalam penelitian ini yaitu : 1) implementasi model pembelajaran Learning Cycle 5E masa pandemi Covid-19, 2) motivasi dan partisipasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI masa pandemi Covid-19, 3) faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi model pembelajaran Learning Cycle 5E masa pandemi Covid-19 dalam meningkatkan motivasi dan partisipasi belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI, 4) keberhasilan implementasi model pembelajaran Learning Cycle 5E masa pandemi Covid-19 dalam meningkatkan motivasi dan partisipasi belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Ungaran, SMA Negeri 1 Tuntang, dan SMA Negeri 1 Ambarawa. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif untuk menggali data dari pendidik Pendidikan Agama Islam di SMA N 2 Ungaran, SMA N 1 Tuntang dan SMA N 1 Ambarawa, melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif analitik Temuan hasil penelitian ini yaitu Implementasi model pembelajaran Learning Cycle 5E masa pandemi Covid 19 di SMA N 2 Ungaran, SMA N 1 Tuntang dan SMA N 1 Ambarawa dilaksanakan dengan sistem pembelajaran online. Dalam hal ini tidak mengurangi langkah-langkah pembelajaran dalam model Learning Cycle 5E. Motivasi dan partisipasi belajar peserta didik dalam sistem pembelajaran online pada awal pandemi Covid 19 sedikit menurun namun dengan inovasi pendidik dalam pembelajaran, dapat meningkat.Terdapat beberapa faktor pendukung maupun penghambat dalam implementasi model Learning Cycle 5E masa pandemi Covid 19 mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Keberhasilan implementasi model Learning Cycle 5E masa pandemi Covid 19 dalam meningkatkan motivasi dan partisipasi belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat terlihat dari rekap presensi peserta didik dengan presentase >80%. Sehinga model Learning Cycle 5E dapat digunakan di masa pandemi Covid 19

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2021 14:03
Last Modified: 09 Nov 2021 14:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12035

Actions (login required)

View Item View Item