Kinasih, Asrie Sekar (2021) PERAN GURU PENDAMPING DALAM PROSES PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI RA MASYITOH TENGARAN KABUPATEN SEMARANG. [UNSPECIFIED]
Text
Asrie Sekar Kinasih 23050170020.pdf Download (4MB) |
Abstract
Guru pendamping adalah guru yang berkewajiban membantu guru inti dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru pendamping dalam proses perencanaan pembelajaran di RA Masyitoh Tengaran Kabupaten Semarang, untuk mengetahui peran guru pendamping dalam proses pelaksanaan pembelajaran di RA Masyitoh Tengaran Kabupaten Semarang, untuk mengetahui peran guru pendamping dalam proses evaluasi pembelajaran di RA Masyitoh Tengaran Kabupaten Semarang. Subyek dalam penelitian ini melibatkan 1 orang kepala sekolah, 2 orang guru kelas, dan 2 orang guru pendamping. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yaitu hasil wawancara kepala sekolah, guru kelas A1 & A2 dan guru pendamping A1 & A2. Sedangkan sumber sekundernya yaitu berupa foto-foto kegiatan, buku kurikulum, dan profil sekolah. Penelitian ini mengumpulkan data melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dalam 3 aspek yaitu : (1) Peran guru pendamping dalam kegiatan perencanaan pembelajaran di RA Masyitoh Tengaran Kabupaten Semarang, di kelas A1 dan di kelas A2 adalah membantu merancang RPP dan menyiapkan media pembelajaran, (2) Peran guru pendamping dalam kegiatan pelaksanaan pembelajaran di RA Masyitoh Tengaran Kabupaten Semarang, di kelas A1 dan di kelas A2 adalah membantu dalam pelaksanaan pembelajaran ketika anak datang sampai anak pulang. Guru pendamping membantu anak dalam konsentrasi belajar, keaktifan di kelas, membantu anak dalam mengendalikan perilaku anak, (3) Peran guru pendamping dalam evaluasi pembelajaran di RA Masyitoh Tengaran Kabupaten Semarang adalah membantu guru inti dalam mengamati anak untuk mengetahui perkembangan anak dan juga membantu mengevaluasi pembelajaran yang berlangsung satu hari.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? PIAUD ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 09 Nov 2021 21:35 |
Last Modified: | 09 Nov 2021 14:39 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12043 |
Actions (login required)
View Item |