PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 11 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

aini, fardhian nur (2021) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 11 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
FARDHIAN_NUR_AINI_23040170056_PGMI[1].pdf

Download (1MB)

Abstract

Aini, Fardhian Nur. 2021. Peran Guru dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Boyolali Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Salatiga: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Trabiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs.Sumarno Widjadipa, M.Pd Kata Kunci: Peran Guru; Minat Belajar; Motivasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa, tingkat motivasi belajar siswa, peran guru dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa dan mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yaitu hasil wawancara dengan guru kelas V dan kepala sekolah Madrasah Ibtidahiyah Negeri (MIN) 11 Boyolali dan sumber data sekundernya yaitu dokumen-dokumen dilokasi penelitian. Pengumpulan data ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Tingkat Minat belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidiyah Negeri (MIN) 11 Boyolali sudah baik 2) Tingkat Motivasi Belajar Siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Boyolali sudah baik 3) Peran Guru dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Boyolali antara lain; Guru sebagai pendidik, Guru sebagai pembimbing, Guru sebagai mediator dan fasilitator, Guru sebagai motivator dan Guru sebagai evaluator. 4) Faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 11 Boyolali yaitu Faktor pendukung dalam meninkatkan minat dan motivasi belajar siswa antara lain; pendidik, orang tua, fasilitar belajar, dan keadaan siswa. Kemudian faktor penghambat guru dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa antara lain yaitu; kurangnya perhatian orang tua, pengaruh media sosial dan kurangnya komunikasi.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Nov 2021 16:56
Last Modified: 10 Nov 2021 16:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12059

Actions (login required)

View Item View Item