STRATEGI KOMUNIKASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN BERBASIS ISLAM (STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR ISLAM AL-UMAR NGARGOSOKA, KECAMATAN SRUMBUNG, KABUPATEN MAGELANG)

WULANDARI, RESTI (2021) STRATEGI KOMUNIKASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN BERBASIS ISLAM (STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR ISLAM AL-UMAR NGARGOSOKA, KECAMATAN SRUMBUNG, KABUPATEN MAGELANG). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI RESTI WULANDARI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang digunakan oleh Sekolah Dasar Islam Al-Umar Ngargosoka dalam meningkatkan minat masyarakat, faktor-faktor yang menghambat serta langkah dalam menghadapi hambatan ataupun kendala yang terjadi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan Pendekatan deskriptif. Dengan cara menggambarkan fakta-fakta yang didapatkan dari hasil penelitian yang dilakukan. Sumber data penelitian ini meliputi sumber data primer, yaitu data yang didapat dari wawancara dengan subjek penelitian meliputi Kepala Sekolah, Ketua Yayasan, dan guru. Dan sumber data sekunder yaitu berupa artikel dan dokumen terkait dengan penelitian. Adapaun data dalam penelitian ini didapat dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari data hasil penelitian yang diperoleh kemudian dianalisis untuk selanjutnya ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Komunikasi Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat adalah 1) Membuat perencanaan, 2) Melakukan Pendekatan, 3) Usaha meningkatkan minat dan keinginan, dan 4) Pemilihan media yang digunakan. Adapun hambatan yang menjadi pokok permasalahan yang pertama ialah 1) Adanya program KB yang diterapkan oleh pemerintah, 2) Banyaknya sekolah tingkat Pendidikan Dasar, 3) Biaya sekolah dan transportasi yang dirasa sebagian masyarakat ataupun wali murid terlalu mahal. 4) Lokasi yang berdekatan dengan perkampungan, dan 5) Kurang cepatnya penyampaian informasi. Solusi yang digunakan dalam mengatasi adanya hambatan yang terjadi ialah dengan mengadakan rapat kerja guru. Meningkatkan kualitas pendidikan. Memberikan rincian seluruh biaya yang dikeluarkan. Memberikan pengarahan kepada siswa siswi agar tidak menganggu warga di pemukiman. Dan mendekatkan diri kepada tokoh setempat dan pihak lain terutama wali murid.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Nov 2021 01:43
Last Modified: 11 Nov 2021 08:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12069

Actions (login required)

View Item View Item