Nugroho, Afit (2016) Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Penggolongan Hewan Melalui Teknik Mind Mapping Pada Siswa Kelas IV Semester I Mi Ma’arif Rowoboni, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2016/2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Text
BAB I.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV semestar MI Ma’arif Rowoboni, Kecamatan Bangyubiru, Kabpaten Semarang pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alammelalui teknik mind mapping. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah Apakah melalui teknik mind mapping dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi penggolongan hewan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV semester I MI Ma’arif Rowoboni, Kecamatan banyubiru, Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2016/2017? Guna menjawab pertanyaaan tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 3 siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) Planning, untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran, dan membuat instrumen penelitian lainnya. 2) Acting, melaksanakan pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi penggolongan hewan 3) Observing, pengambilan data tentang hasil melalui tes dan lembar pengamatan, 4) Reflecting, menganalisis data hasil pengamatan. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV MI MI Ma’arif Rowoboni, Kecamamtan banyubiru, Kabpaten Semarang Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 13 siswa, terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 9 siswi perempuan. Penelitian ini menggunakan teknik mind mapping pada saat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi penggolongan hewan. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui teknik mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV semester I MI Ma’arif Rowoboni, Kecamatan banyubiru, Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2016/2017 dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi penggolongan hewan. Dalam penelitian ini hasil belajar siswa dapat meningkat, dilihat dari hasil tes formatif pada setiap siklus yaitu siklus I 30,8%, siklus II 61,5% dan siklus III 84,6% Mengacu pada hasil penelitian ini peneliti menyarankan kepada para guru atau calon guru untuk selalu meningkatkan inovasi pembelajarannya dengan menggunakan media, metode dan teknik yang bervariasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 14 Mar 2017 08:29 |
Last Modified: | 14 Mar 2017 08:29 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1209 |
Actions (login required)
View Item |