PENANAMAN KARAKTER KEPEDULIAN SOSIAL DAN TOLERANSI (Studi Kasus di Pondok Pesantren Agroo Nur El-Falah Pulutan Salatiga) TAHUN 2021

Maslakah, Wijayanti (2021) PENANAMAN KARAKTER KEPEDULIAN SOSIAL DAN TOLERANSI (Studi Kasus di Pondok Pesantren Agroo Nur El-Falah Pulutan Salatiga) TAHUN 2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Wijayanti Maslakah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penanaman Karakter Kepedulian Sosial dan Toleransi Studi Kasus di Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah Pulutan Salatiga Tahun 2021. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Peneliti: Wijayanti Maslakah. Pembimbing: Dr. Imam Sutomo, M. Ag. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman karakter kepedulian sosial dan toleransi beserta kendala yang dihadapi dalam penanaman karakter tersebut pada santri di Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif analitis dengan variasi studi kasus. Data penelitian ini didapat dengan proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, penanaman karakter kepedulian sosial pada santri di Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah melalui beberapa kegiatan yaitu peduli kebersihan lingkungan, menjenguk teman yang sakit, mengirim do’a untuk santri atau keluaga santri yang meninggal, kegiatan yatiman, pembagian piket dan program infaq subsidi silang. Kedua, penanaman karakter toleransi pada santri di Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah dengan cara mengumpulkan santri dari berbagai daerah dalam satu lingkup kamar, dan tetap menjaga hubungan baik dengan teman dari satu daerah melalui kegiatan konsulat dalam waktu satu minggu sekali. Ketiga, kendala yang dihadapi dalam penanaman karakter kepedulian sosial dan toleransi pada santri ketika mendapati santri yang belum pernah mondok dan harus menyesuaikan diri dengan kebiasaan, peraturan juga lingkungan baru di Pondok Pesantren Agro Nuur El-Falah Salatiga. Kata Kunci: Penanaman Karakter, Kepedulian Sosial, Toleransi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Nov 2021 04:46
Last Modified: 12 Nov 2021 04:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12093

Actions (login required)

View Item View Item