Triyanto, Febri (2021) ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN DARING SMPN 1 TEGALREJO MAGELANG TAHUN AJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]
Text
Febri Triyanto 23060150015.pdf Download (1MB) |
Abstract
Triyanto, Febri. 2021. Analisis Minat Belajar Siswa Kelas VIII dalam Pelaksanaan Pembelajaran IPA Masa Pandemi Covid-19 dengan Daring SMPN 1 Tegalrejo Magelang Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Anggun Zuhaida, M.Pd. Kata Kunci : pelaksanaan pembelajaran IPA daring; minat belajar siswa; pandemi covid-19 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat belajar siswa kelas VIII dalam pelaksanaan pembelajaran IPA dimasa pandemic covid-19 dengan daring dan bagaimana persepsi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tegalrejo Magelang pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh berbentuk kata-kata dan gambar, sehingga tidak menekankan pada angka, data yang diperoleh melalui wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahapan yaitu : reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA dengan daring melalui aplikasi whatsapp berjalan dengan baik karena dengan aplikasi whatsapp memudahkan untuk saling saling berinteraksi antara pendidik dan peserta didik. Melalui whatsapp pun mempermudah bagi peserta didik yang di daerah tempat tinggalnya mengalami kesulitan dalam jaringan. Dalam pembelajarannya juga mengacu pada rencana pelaksanaan pembelajaran(RPP) yang telah dibuat sebelum pembelajaran aktif dimulai. Pembelajaran IPA dengan daring terhadap minat belajar siswa menunjukkan dalam kategori baik berdasarkan indikator minat belajar yaitu perasaan senang, perhatian, ketertarikan, dan keterlibatan. Sedangkan persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran yaitu sudah terbiasa dengan pembelajaran daring dilihat dari tanggapan siswa, proses pembelajaran, materi pembelajaran, dan kendala yang dihadapinya.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? IPA ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 12 Nov 2021 05:48 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 10:34 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12094 |
Actions (login required)
View Item |