Nilai Pendidikan Humanisme dalam Surat al-Hujurat Ayat 13 Telaah Tafsir al-misbah Karya M. Quraish Shihab

Khamidah, Khamidah (2016) Nilai Pendidikan Humanisme dalam Surat al-Hujurat Ayat 13 Telaah Tafsir al-misbah Karya M. Quraish Shihab. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
KHAMIDAH PAI 111 11 130.pdf

Download (1MB)

Abstract

Manusia adalah makhluk yang dapat mendidik dan dididik, sedang makhluk lain tidak. Pada dimensi ini manusia memiliki potensi yang dapat menjadi objek dan subjek pengembangan diri. Pendidikan pun harus berpijak pada potensi yang dimiliki manusia, karena potensi manusia tidak akan bisa berkembang tanpa adanya rangsangan dari luar berupa pendidikanBagaimana penafsiran surat Al-Hujurat ayat 13 telaah tafsir Al-Misbah karya M. Quraish Shihab?. Bagaimana nilai pendidikan humanisme dalam surat Al-Hujurat ayat 13 telaah tafsir Al-Misbah karya M. Quraish Shihab? Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau bisa disebut dengan studi pustaka (library research) ialah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan pustaka, membaca, dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Setelah melalui penelitian dapat disimpulkan Semua manusia derajat kemanusiaannya sama di sisi Allah, tidak ada perbedaan antara satu suku dan suku yang lain. Tidak ada juga perbedaan pada nilai kemanusiaan antara laki-laki dan perempuan karena semua diciptakan dari seorang laki-laki dan perempuan. Tidak wajar seseorang berbangga dan merasa diri lebih tinggi dari pada yang lain, bukan saja antara satu bangs, suku, atau warna kulit dan lainnya, tetapi antara jenis kelamin mereka. Perkenalan dibutuhkan untuk saling menarik pelajaran dan pengalaman pihak lain guna meningkatkan ketakwaan kepada Allah swt.yang dampaknya tercermin pada kedamaian dan kesejahteraan hidup duniawi dan kebahagiaan ukhrawi. Manusia tidak dapat menarik pelajaran, tidak dapat saling melengkapi dan menarik manfaat, bahkan tidak dapat bekerja sama tanpa saling mengenal. Humanisme religius adalah sebuah konsep keagamaan yang memanusiakan manusia, serta upaya humanisasi ilmu-ilmu dengan tetap memperhatikan tanggung jawab hablum minallah dan hablum minannas. Konsep ini jika diimplementasikan dalam praktek dunia pendidikan Islam akan berfokus pada akal sehat (common sense), menuju kemandirian (individualisme), tanggung jawab (responsibility), pengetahuan yang tinggi (thirs for knowledge), menghargai masyarakat (pluralisme), kontektualisme, yang lebih mementingkan fungsi daripada simbol, dan keseimbangan antara reward dan punisment.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Alqur'an
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Mar 2017 08:41
Last Modified: 14 Mar 2017 08:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1210

Actions (login required)

View Item View Item