PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR PEMBELAJARAN DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 11 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

DARYATI, (2021) PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR PEMBELAJARAN DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 11 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
DARYATI (23040170048) PGMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru sebagai fasilitator pembelajaran dalam mengatasi kesulitan belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan perannya sebagai fasilitator pembelajaran dalam mengatasi kesulitan belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di MI Negeri (MIN) 11 Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara dengan guru kelas IV di MI Negeri (MIN) 11 Boyolali dan sumber sekunder yakni dokumen-dokumen di lokasi penelitian. Pengumpulan data ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Guru telah melaksanakan perannya sebagai fasilitator pembelajaran dengan baik dan guru sebagai fasilitator pembelajaran telah berupaya mengatasi siswa yang mengalami kesulitan belajar untuk meningkatkan hasil belajarnya yaitu dengan cara dibimbing, memberikan pengertian, semangat, memberikan tugas tersendiri walaupun materinya sama, menyuruh teman untuk mengajari sehingga akan muncul rasa malu dan akhirnya akan semangat untuk belajar. 2) Kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan perannya sebagai fasilitator pembelajaran dalam mengatasi kesulitan belajar untuk meningkatkan hasil belajar ialah faktor dari siswa yaitu siswa mempunyai tingkat pemahaman rendah, kemampuan anak yang berbeda-beda, pergaulan anak dan fasilitas yang kurang memadai. Walaupun begitu guru telah berusaha untuk mengatasinya.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Nov 2021 04:02
Last Modified: 15 Nov 2021 04:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12147

Actions (login required)

View Item View Item