MODEL PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN TARBIYYATUL MUBALIGHIN DESA REKSOSARI KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN 20016

Sarifudin, Muhammad (2017) MODEL PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN TARBIYYATUL MUBALIGHIN DESA REKSOSARI KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN 20016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
skrisi fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran di Pondok Pesantren Tarbiyyatul Mubalighin Desa Reksosari Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang. Pertanyaan yangingin dijawab melalui penelitian ini adalah: (1) Apasajakah model pembelajaran di pondok pesantren Tarbiyyatul MubalighinDesa Reksosari Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran di Pondok Pesantren Tarbiyyatul Mubalighin Desa Reksosari Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang tahun 2016? (3)Apa Implikasi model pembelajaran yang diterapkan di Pondok Pesantren Tarbiyyatul Mubalighin Desa Reksosari Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang tahun 2016? Metode penelitian yang digunakan adalahpenelitian kualikatif. Sumber data primer adalah sumber data yang diambil dari penyelenggara pondok pesantren pengasuh, ustazd/ustadzah, dan pengurus Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubalighin Desa Reksosari, Kececamatan Suruh, Kabupaten Semarang dan dokumen-dokumen pondok pesantren. Sedangkan sumber data sekunder diambil dari informan diluar penyelenggara pondok pesantren yaitu santri dan buku-buku yang berkaitan dengan pondok pesantren. Adapun teknis analisis data menggunakan model interaktif (interactive model of analysis)yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini, menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran yang diterapkan di Pondok Pesantren Tarbiyyatul Mubalighin Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubalighin Desa Reksosari, Kececamatan Suruh, Kabupaten Semarangadalah model pembelajaran sorogan, bandongan, Khithobah, Ta’zir, dan model pembelajaran lalaran.(2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran di Pondok Pesantren Tarbiyyatul Mubalighin Desa Reksosari Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang adalah ketersediaannya tenaga pengajar. (3) Tedapat tiga implikasi model pembelajaran yang diterapkan di Pondok Pesantren Tarbiyyatul Mubalighin Desa Reksosari Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang yaitu; santri merasa diperhatikan, santri dapat mentaati tata tertib, dan santri dapat mengamalkan agama dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2017 02:07
Last Modified: 15 Mar 2017 02:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1215

Actions (login required)

View Item View Item