PEMENUHAN HAK KONSUMEN KOSMETIK PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN MAQASHID SYARI'AH (Studi Kasus di Pasar Desa Boloh Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan)

Astutik, Yuni Ari (2021) PEMENUHAN HAK KONSUMEN KOSMETIK PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN MAQASHID SYARI'AH (Studi Kasus di Pasar Desa Boloh Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI-YUNI ARI ASTUTIK-HES.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Astutik, Yuni Ari. 2021. Pemenuhan Hak Konsumen Kosmetik Perspektif Undang-Undang Perlindungan Konsumen dan Maqashid Syari’ah (Studi Kasus di Pasar Desa Boloh Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan). Skripsi. Salatiga : Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Nastangin, M.H.I. Kata Kunci : Hak, Konsumen, Kosmetik, Hukum Positif, Hukum Islam. Hak-hak konsumen menurut Undang-Undang Perlindungan Konsumen adalah hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengonsumsi barang dan/ atau jasa, hak untuk memilih produk sesuai kondisi dan jaminan, hak atas informasi yang benar, jelas dan jujur. Serta hak untuk didengarkan pendapat dan keluhannya. Pemenuhan hak konsumen berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen menjadi kewajiban dari para pelaku usaha. Pelaku usaha tidak hanya sebatas produsen berskala besar sejenis pabrik, pedagang pun termasuk ke dalam kategori pelaku usaha. Kemudian ditemukannya peredaran lipstick Pakalolo yang mengandung bahan berbahaya merah k3 di Pasar Desa Boloh menjadi menarik untuk diteliti lebih lanjut terkait pemenuhan hak konsumen lipstick Pakalolo tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemenuhan hak konsumen kosmetik di Pasar Desa Boloh Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan dan bagaimana pemenuhan hak konsumen kosmetik tersebut perspektif Hukum Positif dalam hal ini Undang-Undang Perlindungan Konsumen dan Hukum Islam dalam hal ini Maqashid Syari’ah. Metode penelitian ini terdiri dari jenis penelitian kualitatif berdasarkan pada studi kasus melalui penelitian lapangan (field research), pendekatan penelitian yuridis empiris, teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara. Teknis analisis data menggunakan metode penelitian induktif yang berasal dari temuan fakta -fakta penelitian yang kemudian dijadikan kesimpulan dari penelitian tersebut. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pemenuhan hak konsumen kosmetik lipstick Pakalolo di Pasar Desa Boloh belum terpenuhi. Konsumen mengalami kerugian berupa iritasi pada bibirnya dan fakta penelitian ditemukan lipstick Pakalolo mengandung bahan berbahaya pewarna merah k3. Apa yang dialami oleh konsumen tersebut dan apa yang dilakukan oleh pedagang belumlah sesuai dengan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan tidak sejalan dengan prinsip Maqashid Syari’ah hifz an-nafs (perlindungan jiwa).

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Nov 2021 17:40
Last Modified: 15 Nov 2021 10:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12172

Actions (login required)

View Item View Item