PENGARUH LITERASI KEUANGAN, LINGKUNGAN SOSIAL DAN WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT MENABUNG DENGAN HALAL LIFESTYLE SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus pada Nasabah di Kota Salatiga)

rahmawati, Novita maolia (2021) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, LINGKUNGAN SOSIAL DAN WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT MENABUNG DENGAN HALAL LIFESTYLE SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Kasus pada Nasabah di Kota Salatiga). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rahmawati, Novita Maolia. 2021. “Pengaruh Literasi Keuangan, Lingkungan Sosial, dan Word of Mouth terhadap Minat Menabung dengan Halal Lifstyle sebagai Variabel Moderating”. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Mochlasin, M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk mngetahui bagaimana pengaruh Literasi Keuangan, Lingkungan Sosial, dan Word of Mouth terhadap Minat Menabung dengan Halal Lifstyle sebagai Variabel Moderating. Penelitian ini dilakukan dengan populasi nasabah masyarakat di Kota Salatiga dengan sampel sebanyak 100 responden, teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan SPSS versi 16. Analisis yang dilakukan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji kebaikan model melalui uji statistik t, uji F, koefisien determinasi (R2), dan uji moderated regression analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan berpengaruh positif namun tidak signfikan terhadap minat menabung, kemudian variabel lingkungan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung dan variabel word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung. Sedangkan variabel halal lifestyle tidak dapat memoderasi pengaruh literasi keuangan, lalu variabel halal lifestyle dapat memoderasi pengaruh lingkungan sosial terhadap minat menabung, dan yang terakhir halal lifestyle tidak memoderasi pengaruh word of mouth terhadap minat menabung. Kata Kunci: Literasi Keuangan, Lingkungan Sosial, Word of Mouth, Minat Menabung, Halal Lifestyle

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Nov 2021 18:01
Last Modified: 15 Nov 2021 18:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12176

Actions (login required)

View Item View Item