PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL, ISLAMIC SOCIAL REPORTING DAN GROWTH OPPORTUNITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA

Rahmini, (2021) PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL, ISLAMIC SOCIAL REPORTING DAN GROWTH OPPORTUNITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
RAHMI_SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rahmini. 2021. Pengaruh Intellectual Capital, Islamic Social Reporting dan Growth Opportunity terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Moderating Pada Bank Umum Syariah. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1 Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: M. Rofiuddin, M.Si. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh Intellectual Capital, Islamic Social Reporting dan Growth Opportunity terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Moderating Pada Bank Umum Syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi bank umum syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Metode pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, sampel yang diperoleh 50 sampel dari 10 bank umum syariah dengan periode pengamatan 2016-2020. Jenis data yang digunakan adalah data panel. Metode analisis yang digunakan meliputi uji statistik deskriptif, uji stationeritas, uji MRA, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi dan uji hetersokedastisitas, uji kebaikan model meliputi uji koefisien determinasi (R2) dan uji F simultan dan uji validitas pengaruh (Uji T). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Intellectual Capital tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan variabel Islamic Social Reporting berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Kemudian, variabel Growth Opportunity tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan. dan Kinerja Keuangan berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Berdasarkan uji Moderated Regression Analysis menunjukkan interaksi Kinerja Keuangan tidak dapat memoderasi pengaruh Intellectual Capital terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan interaksi Kinerja Keuangan dapat memoderasi pengaruh Islamic Social Reporting dan Growth Opportunity terhadap Nilai Perusahaan dengan cara melemahkan hubungannya.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Nov 2021 18:17
Last Modified: 15 Nov 2021 18:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12179

Actions (login required)

View Item View Item