PENGARUH PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM TERINTEGRASI DENGAN KAHOOT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIKLUS AIR

Mujib, Kholil (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM TERINTEGRASI DENGAN KAHOOT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIKLUS AIR. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS LENGKAP_KHOLIL MUJIB_12020190005.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran google classroom terintegrasi dengan kahoot adalah pembelajaran daring yang memanfaatkan dua media pembelajaran menjadi serangkaian alur proses pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa. Google classroom sebagai ruang kelas bagi guru dan siswa yang terintegrasi dengan kahoot yang merupakan aplikasi game kuis yang disetiap pertanyaanya mengacu pada materi yang sudah dipelajari oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran google classroom terintegrasi dengan kahoot terhadap minat dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi siklus air. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen kuasi (Quasi Eksperiment) dengan sampel 52 siswa kelas V yang terdiri dari 26 kelas V A (kelas eksperimen) dan 26 kelas V B (kelas Kontrol) yang dilakukan di MI Miftahul Akhlaqiyah Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Analisis menggunakan uji Normalitas, Homogenitas, dan uji t Independent. Penelitian menemukan bahwa pertama, pembelajaran google classroom terintegrasi dengan kahoot dapat meningkatkan minat belajar siswa dimana hasil perhitungan diperoleh t= 7,071; df= 50; p= 0,000. Kedua, pembelajaran google classroom terintegrasi dengan kahoot dapat meningkatkan hasil belajar dimana hasil perhitungan diperoleh t= 3,919; df= 50; p= 0,000. Dengan demikian, pembelajaran google classroom terintegrasi dengan kahoot dapat digunakan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Google Classroom terintegrasi dengan Kahoot, Minat , Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2021 04:42
Last Modified: 16 Nov 2021 04:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12194

Actions (login required)

View Item View Item