IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM TARBIYAH RIYADOH PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN BUQ (BUSTANU USYSYAQIL QUR’AN) DUSUN GADING DESA DUREN KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2021

Kholiq, Muhammad Abdul (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM TARBIYAH RIYADOH PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN BUQ (BUSTANU USYSYAQIL QUR’AN) DUSUN GADING DESA DUREN KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Muhammad Abdul Kholiq 111-14-349.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kholiq, Muhammad Abdul. 2021. 11114349. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Program Tarbiyah Riyadoh Pada Santri Di Pondok Pesantren BUQ Dusun Gading Desa Duren Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang 2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. Kata Kunci: Tarbiyah Riyadoh, Pendidikan Karakter Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter melalui program tarbiyah riyadoh pada santri di pondok BUQ Gading, dan kendala santri dalam menerapkan program tarbiyah riyadoh di pondok BUQ Gading tahun 2021. Jenis Penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni pengasuh, putera dan puteri pendiri pondok, dan santri putra-putri. Sumber sekunder berupa dokumen Pondok Pesantren BUQ baik berupa foto maupun tulisan yang berkaitan dengan sejarah pondok pesantren, peraturan pondok pesantren, foto kegiatan pondok pesantren, struktur organisasi, prestasi yang telah dicapai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, program tarbiyah riyadoh di Pondok Pesantren Bustanu Usysyaqil Qur’an Dusun Gading dengan kegiatan pembacaan tawasul, mengkhatamkan qur’an sehari satu kali selama 41 hari, ditempatkan diruangan khusus, menjaga sholat jamaah, dan dibarengi berpuasa, santri akan memperoleh karakter yang hormat dan menghargai jasa guru, rendah hati, sabar dan pekerja keras, kemudian terbentuk karakter yang sederhana dan qonaah. Selain itu juga memiliki karakter disiplin, dan pandai menahan hawa nafsunya. Kedua, hambatan yang dihadapi dalam Implementasi pendidikan karakter melalui program tarbiyah riyadoh di Pondok Pesantren BUQ Dusun Gading sendiri antara lain, santri merasa bosan, kurang tidur, sakit tenggorokan, menstruasi bagi santri putri, dan sulitnya membagi waktu. Adapun solusinya adalah dengan mengatur tempo kecepatan dan besar kecilnya suara, memaksa dan memotivasi diri dalam menyelesaikan riyadoh.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2021 15:29
Last Modified: 16 Nov 2021 15:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12198

Actions (login required)

View Item View Item