Soraya, Ana (2015) HUBUNGAN INTERAKSI EDUKATIF GURU DENGAN SISWA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XI MA FUTUHIYYAH 2MRANGGEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
Ana Soraya_11111138.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang sering terjadi di dalam proses pembelajaran ini adalah masih banyak guru-guru yang melakukan bentuk interaksi belajar mengajar berjalan secara searah di sekolah. Akibatnya guru sangat aktif dan siswa menjadi pasif dan tidak kreatif. Guru harus mampu membangkitkan minat belajar siswanya melalui interaksi edukatif dalam proses pembelajaran. Apabila bahan pelajaran yang dipelajari tidak sesuai dengan siswa maka siswa tidak akan belajar dengan sebaik-baiknya karena tidak ada daya tarik baginya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Futuhiyyah 2 Mranggen Demak. Adapun pengambilan sampelnya dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel diambil 20 % dari jumlah populasi yakni sebanyak 43 responden. Dalam menganalisis data penulis menggunakan analisis pendahuluan dengan menggunakan rumus prosentase, analisis lanjut dengan menggunakan product moment, dan pembahasan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Interaksi edukatif guru dengan siswa pada kategori baik sebanyak 10 responden atau 23,2 %, sedang sebanyak 22 responden atau 51,2%, dan buruk 11 responden atau 25,6% . Sehingga interaksi edukatif guru dengan siswa sebagian besar adalah sedang. (2) Minat belajar siswa pada kategori tinggi sebanyak 6 responden atau 13,9 %, sedang sebanyak 22 responden atau 51,2 %, dan rendah sebanyak 15 responden atau 34,9%. Sehingga minat belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak sebagian besar adalah sedang. (3) Ada hubungan positif antara interaksi edukatif guru dengan siswa terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XI MA Futuhiyyah 2 Mranggen Demak tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini terbukti karena r xy lebih besar dari pada r tabel (r product moment) yaitu 0,316 yang mana dengan N = 43 diperoleh nilai r pada taraf signifikan 5% sebesar 0,301, sehingga hipotesis dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 11 Feb 2016 06:46 |
Last Modified: | 11 Feb 2016 06:46 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/122 |
Actions (login required)
View Item |