PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFDENGAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION(STAD)

Hidayati, Nur (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFDENGAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION(STAD). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis Final pdf fix.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Student Team Achievement Division(STAD) Bahan ajar memiliki peran penting dalam pembelajaran untuk menunjang kemenarikan peserta didik dalam proses belajar. Kurang menariknya bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran matematika, mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Dalam penelitian ini, peneliti mengembangkanbahan ajar untuk materi pecahan.Sebuah bentuk penyajian bahan belajar mandiri yang disusun secara sistematis ke dalam unit pembelajaran terkecil untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu yang disajikan ke dalam format modul kontekstual yang di dalamnya terdapat strategi pembelajaran tipe STAD yang membuat pengguna lebih interaktif dalam mengajar.Sehingga dapat menciptakan suatu pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik, dan peserta didik dapat menyukai pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pokok bahasan pecahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research & Development, dengan subjek penelitian siswa kelas V MI Ma’arif Rowosari. Penelitian ini menghasilkan sebuah bahan ajar berbasis model pembelajaran kooperatif Student Teams Achievement Divisions (STAD). Hasil menunjukan bahwa peserta didik tertarik dengan bahan ajar yang dihasilkan untuk pembelajaran matematika. Kata kunci: Bahan ajar, Pembelajaran Kooperatif, Model pembelajaran STAD.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2021 21:39
Last Modified: 16 Nov 2021 21:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12212

Actions (login required)

View Item View Item