Fatmawati, Irma (2016) . Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Peninggalan Sejarah Hindu-Buddha dan Islam Melalui Cooperative Learning Type Student Teams Achievement Divisions Student (STAD) Pada Siswa Kelas V Semester I MI Tholabiyah Tegaron Kecamamatan Banyubiru Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan.
Text
FIX GABUNG.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran IPS pada umumnya membutuhkan kemampuan siswa untuk menghafal materi pelajaran. Sehingga guru sebagai pengajar haruslah kreatif dan inovatif dalam melaksanakan proses pembelajaran supaya pembelajaran menjadi aktif menyenangkan. Namun dewasa ini masih terdapat guru yang mengajar menggunakan strategi pembelajaran yang monoton. Hal ini membuat siswa menjadi cepat bosan dalam mengikuti proses pembelajaran yang berpengaruh terhadap hasil belajar IPS menjadi rendah. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: apakah penerapan Cooperative Learning Type Student Teams Achievement Divisions Student (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Peninggalan Sejarah Hindu-Buddha dan Islam pada siswa kelas V MI Tholabiyah Tegaron Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang 2016/2017?. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I, dan siklus II. Tiap siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi post tes lembar pengamatan dan dokumentasi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Cooperative Learning Type Student Teams Achievement Divisions Student (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Peninggalan Sejarah Hindu-Buddha dan Islam pada siswa kelas V MI Tholabiyah Tegaron Kecamatan Banyubiru Kaabupaten Semarang. Dapat dilihat dari hasil analisis data akhir yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus 64.04% kemudian sedikit meningkat menjadi 67.85% pada siklus I, selanjutnya meningkat secara signifikan pada siklus II menjadi 75.90%. Untuk angka ketuntasan dari Pra Siklus ke siklus naik menjadi 13 siswa atau sebesar 61.91% dan pada siklus II menjadi 21 siswa atau sebesar 100%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 15 Mar 2017 02:58 |
Last Modified: | 15 Mar 2017 02:58 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1222 |
Actions (login required)
View Item |