PENGARUH INOVASI PRODUK, STRATEGI PEMASARAN, DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN HOTEL SYARIAH DI MASA PANDEMI COVID -19 DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

prasetiyo, Bolot Wiji (2021) PENGARUH INOVASI PRODUK, STRATEGI PEMASARAN, DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN HOTEL SYARIAH DI MASA PANDEMI COVID -19 DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI BOLOT WIJI PRASETIYO 2021.pdf

Download (4MB)

Abstract

Prasetiyo, Bolot Wiji. 2021. Pengaruh Inovasi Produk, Strategi Pemasaran, dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran Hotel Syariah di Masa Pandemi Covid-19 dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Intervenig. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Salatiga. Pembimbing : Imanda Firmantyas Putri Pertiwi, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk, strategi pemasaran, orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran hotel syariah pada masa pandemi Covid-19 dengan keunggulan bersaing sebagai variabel intervening. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dan data yang digunakan yaitu data primer. Populasi pada penelitian ini yaitu karyawan Hotel Arini Syariah Surakarta, Hotel Anuggrah Syariah Boyolali, dan Oemah Djari Hotel Syariah Salatiga. Sampel pada penelitian ini yaitu karyawan yang bertugas pada divisi pemasaran dan karyawan yang bertugas pada bagian pelayanan yang berkaitan dengan pemasaran hotel syariah. Metode analisis yang digunakan yaitu metode Path Analisis dengan bantuan software SPSS-21. Hasil dari penelitian ini yaitu inovasi produk dan strategi pemasaran tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja pemasaran. Orientasi kewirausahaan memiliki pengaruh positif signifikan dan keunggulan bersaing memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran. Strategi pemasaran dan orientasi kewirausahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing hotel syariah. Inovasi produk tidak berpengaruh terhadap keunggulan bersaing. Keunggulan bersaing tidak dapat memediasi pengaruh inovasi produk dan strategi pemasaran terhadap kinerja pemasaran. Keunggulan bersaing secara signifikan memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Kata Kunci : Inovasi Produk, Strategi Pemasaran, Orientasi Kewirausahaan, Keunggulan bersaing, dan Kinerja Pemasaran.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2021 12:58
Last Modified: 17 Nov 2021 12:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12222

Actions (login required)

View Item View Item