PENINGKATAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MATERI AKHLAK TERCELA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VIII MTS NURIL HUDA LOSARI KEC SUMOWONO KAB SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

ASMARANI, TYAS (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MATERI AKHLAK TERCELA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VIII MTS NURIL HUDA LOSARI KEC SUMOWONO KAB SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
TYAS ASMARANI 23010170383 (1) (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Asmarani, Tyas. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak Materi Akhlak Tercela melalui model Pembelajaran Students Team Achievement Divisions (STAD) dan Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas VIII MTs Nuril Huda Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Salatiga : Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Peni Susapti, M.Si. Kata Kunci: hasil belajar, akidah akhlak, akhlak terela, model Students Team Achievement Divisions (STAD), Problem Based Learning (PBL) Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Nuril Huda Losari pada materi akhlak tercela. Berdasarkan pengamatan diketahui nilai KKM mata pelajaran akidah akhlak adalah 70. Rumusan masalahnya dalam penelitian ini adalah : Adakah peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran kooperatif tipe STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) dan PROBLEM BASED LEARNING (PBL) Materi Akhlak Tercela di kelas VIII Mts Nuril Huda Losari Tahun Pelajaran 2020/2021? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII MTs Nuril Huda Losari dengan banyak siswa berjumlah 18 siswa terdiri dari 10 siswa laki - laki dan 8 siswa perempuan. Data hasil penelitian diperoleh dari lembar observasi, soal, wawancara dan dokumentasi pada pembelajaran perubahan wujud benda menggunakan model Students Teams Achievements divisions (STAD) dan Problem Based Learning (PBL). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Student Team Achievenment Division (STAD) dan Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar akidah akhlak materi akhlak tercela pada siswa kelas VIII MTs Nuril Tahun Pelajaran 2020/2021. Peningkatan hasil belajar diketahui dengan hasil tes pada Siklus I dengan ketuntasan klasikal sebesar 56% Jumlah 10 Siswa siswa dengan rata - rata 67.22% yang mencapai nilai ≥ 70 nilai KKM dan Siklus II dengan ketuntasan klasikal sebesar 88.88% Jumlah 18 siswa dengan rata - rata 79.72 % yang mencapai nilai ≥ 70 (nilai KKM).

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2021 18:41
Last Modified: 17 Nov 2021 11:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12242

Actions (login required)

View Item View Item