Analisis Kepribadian dan Konflik Tokoh Muhsin dalam Cerita Pendek “Sayyidatun Fi Khidmatika” Karya Ihsan Abdul Quddus (Analisis Psikologi Sastra Teori Carl Gustav Jung)

Baihaqi, M. Mamun (2021) Analisis Kepribadian dan Konflik Tokoh Muhsin dalam Cerita Pendek “Sayyidatun Fi Khidmatika” Karya Ihsan Abdul Quddus (Analisis Psikologi Sastra Teori Carl Gustav Jung). Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dalam kehidupan sosial, tentu kepribadian seorang dengan yang lainnya pasti berbeda. Salah satu penyebab terjadinya perbedaan tersebut adalah faktor lingkungan, di luar faktor-faktor lain yang dicetuskan melalui teori-teori sosial. Analisis Kepribadian Tokoh Muhsin dalam Cerita Pendek “Sayyidatun Fi Khidmatika” Karya Ihsan Abdul Quddus (Analisis Psikologi Sastra Teori Carl Gustav Jung) merupakan judul sekripsi yang mengambil Mengambil beberapa rumusan masalah bagaimana kepribadian tokoh Muhsin, Apa saja aktor-faktor yang mempengaruhinya dan bagaimana konflik yang terdapat dalam cerpen tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan psikologi tokoh Muhsin pada cerpen “Sayyidatun Fi Khidmatika” Karya Ihsan Abdul Quddus . Dalam cerpen tersebut telah terjadi permasalahan ataupun konflik dalam diri seorang tokoh yang memaksakan kehendaknya untuk bisa memiliki sesuatu dan keinginannya tersebut terhalang oleh keadaan ataupun realita kehidupan dalam cerpen tersebut sehingga salah satu tokoh tersebut memiliki permasalahan dalam dirinya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori psikologi sastra, sedangkan untuk pendekatanya menggunakan pendekatan kualitatif sastra dengan lebih mengfokuskan permasalahan sikologi atupun kepribadian. Untuk mencapainya peneliti menggunakan metode analisis psikologi. Temuan penelitian ini sebagai berikut: 1) Adanya konflik batin yang dialami oleh seorang tokoh. 2) permasalahan yang begitu sangat sulit untuk dihadapi 3) penyesuaian diri terhadap lingkngan yang harus singkron dan jangan terlalu memaksakan sesuatu karna keingininan ataupun nafsu. 4) ada satu hal yang mungkin tidak bisa dibeli dengan apapun kecuali debeli dengan rasa yaitu cinta. Kata Kunci: cerpen, psikologi, tokoh

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Bahasa
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2021 19:56
Last Modified: 17 Nov 2021 19:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12248

Actions (login required)

View Item View Item