“PEMBERLAKUAN JAMINAN PADA PEMBIAYAAN IJARAH MULTIJASA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF” (Studi Kasus di BMT BIMA Cabang Dukun Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang)..

Mukarromah, Sofiyatul (2021) “PEMBERLAKUAN JAMINAN PADA PEMBIAYAAN IJARAH MULTIJASA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF” (Studi Kasus di BMT BIMA Cabang Dukun Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang).. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
skripsi sofiyatul_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam pembiayaan ijarah multijasa yang terjadi di BMT BIMA Cabang Dukun praktik pembiayaan ijarah multijasa objek jaminan yang diajukan bukan milik debitur. Pada kenyataanya BMT BIMA Cabang Dukun menerima pengajuan pembiayaan tersebut menggunakan agunan bukan milik sendiri. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti kasusu tersebut. Adapun rumusan maslah dalam skripsi ini adalah yang pertama bagaimana pemberlakuan jamian pada pembiayaan akad ijarah multijasa nasabah BMT BIMA Cabang Dukun, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang yang kedua bagaimana analisis hukum Islam dan hukum positif terhadap pemberlakuan jaminan pada pembiayaan ijarah multijasa nasabah BMT BIMA Cabang Dukun, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan yuridis empiris. Terkait pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan terkait analisis data skripsi ini dikelompokan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa pembiayaan ijarah multijasa di BMT BIMA Cabang Dukun sesuai dengan syarat dan rukun ijarah multijasa. Sedangkan pemberlakuan jaminan dalam pembiayaan ijarah multijasa tidak memenuhi syarat kafalah yakni kafi (brupa BPKB sepedah motor) bukan milik sendiri, selain itu juga pembiayaan ijarah multijasa di BMT BIMA Cabang Dukun tidak sesuai dengan pasal 1 ayat (1) dan 6 poin (c) UU No.42 Tahun 1999 tentang jaminan fidusia yakni menyatakan bahwa benda yang menjadi agunan harus hak milik dan haru didaftarkan ke notaris sehingga jelas mengenai kepemilikannya.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2021 20:14
Last Modified: 17 Nov 2021 20:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12251

Actions (login required)

View Item View Item