WIDYASTITI, LINDA FITRI (2021) PEMBINAAN KEAGAMAAN ISLAM DAN ORIENTASI MASA DEPAN BAGI NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KUTOARJO TAHUN 2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
LINDA FITRI WIDYASTITI 23010170033.pdf Download (4MB) |
Abstract
Widyastiti, Linda Fitri. 2021. Pembinaan Keagamaan Islam dan Orientasi Masa Depan Bagi Narapidana Anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kutoarjo Tahun 2021. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Muna Erawati, M. Si. Kata Kunci : Pembinaan, Keagamaan, Orientasi Masa Depan Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui bagaimana pembinaan keagamaan Islam bagi narapidana anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kutoarjo, kedua untuk mengetahui bagaimana orientasi masa depan narapidana anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kutoarjo, ketiga untuk mengetahui faktor yang memengaruhi orientasi masa depan narapidana anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kutoarjo Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah petugas Lembaga Pembinaan Khusus Anak dan anak didik pemasyarakatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui 3 tahap: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama pelaksanaan kegiatan pembinaan keagamaan Islam yang dilakukan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak memiliki tujuan untuk mengubah mental dan sikap anak didik pemasyarakatan. Materi Pembinaan keagamaan Islam meliputi pengajian, iqra, sholat dhuha dan ceramah. Metode yang digunakan dalam pembinaan keagamaan Islam adalah metode ceramah dan pengajaran langsung. Pemateri untuk pembinaan keagamaan Islam yaitu petugas dari Lembaga Pembinaan Khusus Anak. kegiatan pembinaan keagamaan Islam yang rutin dilaksanakan oleh anak didik pemasyarakatan memberikan dampak positif bagi anak didik pemasyarakatan itu sendiri. Kedua orientasi masa depan anak didik pemasyarakatan telah memiliki gambarannya masing-masing akan tujuan yang ingin dilakukan setelah keluar dari Lembaga Pembinaan Khusus Anak nanti, diantaranya ada ingin melanjutkan sekolah dan ada yang ingin bekerja. Ketiga faktor yang memengaruhi orientasi masa depan anak didik pemasyarakatan adalah faktor internal individu dan faktor konteks sosial. Faktor internal individu seperti keinginan anak didik pemasyarakatan untuk membahagiakan kedua orang tua hingga keinginannya sendiri untuk mewujudkan masa depannya. Dan faktor konteks sosial yaitu adanya dukungan dari orang tua yang membuat anak didik pemasyarakatan dapat mewujudkan tujuan masa depan.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Agama > Keislaman |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Nov 2021 06:12 |
Last Modified: | 18 Nov 2021 06:12 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12260 |
Actions (login required)
View Item |