Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Mood Di Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus pada Pengguna Aplikasi TikTok di Desa Sidomukti Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati)

MU'ALLIFAH, SITI (2021) Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Mood Di Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus pada Pengguna Aplikasi TikTok di Desa Sidomukti Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Siti Mu'allifah 43040170067.pdf

Download (8MB)

Abstract

Mu’allifah, Siti. 2021. Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Mood Di Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus pada Pengguna Aplikasi TikTok di Desa Sidomukti Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati). Tahun 2021. Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Avin Wimar Budyastomo, M. Kom. Kata Kunci: Penggunaan Aplikasi TikTok dan Mood Penelitian ini di latar belakangi oleh kondisi pandemi global yang sedang menimpa dunia yakni covid-19, sehingga melahirkan banyak fenomena baru ditengah masyarakat, seperti yang terjadi hingga sekarang ini yakni penggunaan aplikasi TikTok oleh berbagai kalangan usia dalam mengatasi mood di masa pandemi berlangsung. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh penggunaan aplikasi TikTok pada mood di masa pandemi covid-19, Seberapa besar intensitas pengaruh penggunaan aplikasi TikTok pada peningkatan mood di masa pandemi covid-19, serta bagaimana gambaran mood serta apakah terdapat perubahan pada perilaku seseorang pasca penggunaan aplikasi TikTok di masa pandemi covid-19?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi TikTok (X) pada mood (Y) di masa pandemi Desa Sidomukti, Margoyoso Pati, Jawa Tengah. Jenis Penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian kuantitatif deskriptif (descriptive quantitative).Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode survei. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner sesuai dengan kriteria sampel yang telah ditentukan. Sampel pada penelitian ini yakni responden dengan usia produktif 13-30 tahun yang menggunakan aplikasi TikTok. Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa penggunaan aplikasi TikTok terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap mood. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen mood. Angka R Square sebesar 0,551 menunjukkan bahwa 55,1% besarnya pengaruh variabel Penggunaan Aplikasi TikTok terhadap variabel mood sebesar 0,551 (55,1%) dengan kekuatan hubungan termasuk kategori Sedang.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2021 16:16
Last Modified: 18 Nov 2021 16:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12262

Actions (login required)

View Item View Item