ANALISIS KARAKTERISTIK MAD’U (STUDI PENGAMALAN IBADAH SALAT SUBUH PEDAGANG PASAR PAGI KOTA SALATIGA)

naja, Khusnun (2021) ANALISIS KARAKTERISTIK MAD’U (STUDI PENGAMALAN IBADAH SALAT SUBUH PEDAGANG PASAR PAGI KOTA SALATIGA). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi Khusnun Naja .pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembahasan dalam skripsi ini adalah pengamalan ibadah salat subuh pedagang pasar pagi Kota Salatiga. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini berdasarkan rumusan masalah: (1) Bagaimana karakteristik pedagang pasar pagi Kota Salatiga? (2) Bagaimana pengamalan salat subuh pedagang pasar pagi Kota Salatiga? (3) Apa faktor pendukung dan penghambat pedagang dalam pengamalan salat subuh? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah pedagang pasar pagi Kota Salatiga. Hasil penelitian menujukkan bahwa, (1) Mayoritas pedagang pasar pagi adalah kaum ibu-ibu yang dimana mereka setelah berdagang masih mengurus keluarga. Pedagang pasar pagi Kota Salatiga selalu menjaga komunikasi hubungan baik dengan pelanggan maupun dengan pedagang lainnya. (2) Pengamalan ibadah salat subuh pedagang sudah cukup baik, namun masih ada beberapa pedagang yang meninggalkan salat subuh. (3) Faktor pendukung, Pedagang yang mempunyai kesadaran melaksankan ibadah salat merupakan kewajiban setiap muslim dan ajakan pedagang kepada pedagang lain untuk melaksanakan ibadah salat subuh. Faktor penghambat, kurangnya kesadaran pedagang dalam melaksanakan ibadah salat subuh.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2021 19:09
Last Modified: 18 Nov 2021 19:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12274

Actions (login required)

View Item View Item