METODE DAN TEKNIK PENGAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS RENDAH DI SD NEGERI KEBONDALEM 01 TAHUN 2021/2022

sundari, Ayuk (2021) METODE DAN TEKNIK PENGAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS RENDAH DI SD NEGERI KEBONDALEM 01 TAHUN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
ayuk Sundari 23040170137.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sundari, Ayuk.2021. Metode dan Teknik Pengajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Rendah di SD Negeri Kebondalem 01Tahun 2021/2022. Skripsi, Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. Kata Kunci : Teknik Pengajaran, Bahasa Indonesia, Kelas Rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atau mendiskripsikan teknik-teknik yang diberikan kepada peserta didik di SD Negeri Kebondalem 01 yang dimana teknik ini sebagai penunjang keberhasilan terhadap pemahaman materi yang disampaikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, metode ini dilakukan untuk mengetahui teknik pengajaran yang sesuai untuk kelas rendah. Pengumpulan data dengan metode wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penyajian dalam bentuk tulisan dan menerangkan apa adanya sesuai dengan data. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triagulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri Kebondalem 01 pada kelas rendah adalah sebagai berikut ; Untuk kelas 1 menggunakan: a) Metode ceramah dengan teknik yang dipakai adalah penggunaan media gambar, b) Metode Pemberian Tugas dengan teknik penulisan huruf abjad secara berulang. Untuk kelas 2 menggunakan : a) Metode Ceramah dengan teknik media gambar dengan jumlah dan jenis yang lebih variatif, b) Metode Pemberian Tugas dengan teknik menyusun kata menjadi sebuah kalimat, Untuk kelas 3 menggunakan : a) Metode ceramah dengan teknik pemberian materi secara visual seperti video dialog, b) Pemberian Tugas dengan teknik pemberian tugas karya seni, c) Diskusi Kelompok dengan teknik analisis sebuah benda, d) Bermain Peran dengan teknik siswa memperagakan karakter sesuai materi. Adapun hambatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia secara umum adalah kurangnya efisien waktu dan kondusifitas siswa di dalam kelas. Sehingga diperlukan solusi tenaga pengajar yang lebih kreatif dalam memberikan teknik yang tepat.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2021 18:04
Last Modified: 22 Nov 2021 11:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12295

Actions (login required)

View Item View Item