Astuti, Ani Yuli (2016) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Autis di Sekolah Dasar Luar Biasa Talenta Kids Salatiga Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Text
SKRIPSI ANI YULI ASTUTI (NIM 11412019).pdf Download (3MB) |
Abstract
Kelahiran anak merupakan anugerah bagi orang tua, dan setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik bagi anaknya dalam hal apapun, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Anak pada umumnya mungkin tidak memiliki kendala yang berarti dalam pendidikan, namun berbeda dengan anak autis yang memiliki kebutuhan khusus. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menjelaskan tentang bagaimana pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak autis di sekolah dasar luar biasa. Melalui penelitian ini pertanyaan yang ingin dijawab adalah (1) bagaimanakah proses pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak autis di SDLB Talenta Kids Salatiga?, dan (2) apa saja kendala-kendala dan solusi yang dihadapi guru PAI bagi anak autis di SDLB Talenta Kids Salatiga?. Pertanyaan tersebut dijawab dengan menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif. Adapun metode pengumpul data yang digunakan ialah pengamatan/obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak autis melalui beberapa tahapan dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Ketiga hal tersebut tidak lepas dari kurikulum, program anak, PKH, dan laporan perkembangan siswa, guru, siswa, materi, serta evaluasi. Pelaksanaan pembelajaran PAI bagi anak autis menggunakan metode ABA yang disesuaikan dengan kemampuan tiap peserta didik, karena tiap peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda-beda, dan pelaksanaannya dengan sistem one on one. Proses evaluasi pembelajaran PAI bagi anak autis dilakukan dengan tes dan non tes yang ditulis dalam laporan perkembangan siswa sesuai kemampuan peserta didik, dan juga dalam lembar ABA. Adapun kendala-kendaladalam pembelajaran yaitu tuntutan kurikulum yang terlalu tinggi, kurangnya konsentrasi dan kepatuhan siswa, minimnya media pembelajaran, dan kurangnya pembiasaan anak di rumah. Sedangkan solusi untuk mengatasi hambatan meliputi pelatihan dan pendampingan bagi guru, komunikasi yang intens antara pihak sekolah dengan orang tua, dan penguasaan guru dalam berbagai metode mengajar, serta penambahan media sesuai dengan kebutuhan siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 15 Mar 2017 04:32 |
Last Modified: | 15 Mar 2017 04:32 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1230 |
Actions (login required)
View Item |