Badiah, Durotul (2021) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN HIMPUNAN DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) PADA SISWA KELAS VII C SMP AL MAS’UDIYYAH BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI_DUROTUL BADIAH_23070170073_T.MTK.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Badiah, Durotul. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Himpunan dengan Menerapkan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) pada Siswa Kelas VII C SMP Al Mas’udiyyah Bandungan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, IAIN Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing: Prof. Dr. Winarno, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan himpunan dengan menerapkan model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) pada siswa kelas VII C SMP Al Mas’udiyyah Bandungan Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang telah dilaksakan sebanyak dua siklus dengan subjek yang diteliti terdiri dari 36 siswa laki-laki. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan membandingkan pencapaian nilai siswa dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan sekolah yaitu 70 dan kriteria ketuntasan klasikal pada setiap siklusnya sebesar 85%. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dalam dua siklus dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) pada siswa kelas VII C SMP Al Mas’udiyyah Bandungan Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2021/2022, diperoleh peningkatan hasil belajar pada siklus I terdapat 24 siswa atau 66,66% siswa telah tuntas, 12 siswa atau 33,33% siswa belum tuntas, dan nilai rata-rata 66,44. Pada siklus II terdapat 31 siswa atau 86,11% siswa telah tuntas, 5 siswa atau 13,88% siswa belum tuntas, dan nilai rata-rata 75,66. Dari data tersebut bahwa penelitian tindakan kelas dinyatakan berhasil dengan menerapkan model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) pada siswa kelas VII C SMP Al Mas’udiyyah Bandungan kabupaten Semarang tahun pelajaran 2021/2022.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? MAT ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 25 Nov 2021 14:15 |
Last Modified: | 26 Nov 2021 05:00 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12309 |
Actions (login required)
View Item |