PENGARUH METODE INQUIRY BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA BAGI SISWA KELAS VIII SMP ALMASUDIYYAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Maghfiroh, Ika Laelatul (2021) PENGARUH METODE INQUIRY BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA BAGI SISWA KELAS VIII SMP ALMASUDIYYAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
IKA LAELATUL MAGHFIROH_ 23060150043.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Maghfiroh, Ika, Laelatul. 2021. PENGARUH METODE INQUIRY BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA BAGI SISWA KELAS VIII SMP ALMASUDIYYAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Anggun Zuhaida, M.Pd. Kata Kunci: pengaruh; metode inquiry; mind mapping; hasil belajar Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh metode inquiry berbasis mind mapping pada materi sistem ekskresi pada manusia terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Al-Mas’udiyyah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Al-Mas’udiyyah, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan menggunakan teknik pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Al-Mas’udiyyah. Variabel dari penelitian ini yaitu variabel bebas adalah (penggunaan metode inquiry berbasis mind mapping). Sedangkan variabel terikatnya adalah (hasil belajar siswa). Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal yang telah teruji keabsahannya dengan uji validitas, reliabilitas, homogenitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Teknik analisis data adalah dengan uji t-test dan uji regresi linier sederhana menggunakan program SPSS 22.0. Dalam pelaksanaannya hasil dari analisi t-test program SPSS 22.0, diperoleh data harga -thitung -(5,070) < -ttabel -(1,669) dan P value (0,000) < 0,05. Keputusan tidak menerima Ho, sehingga Ha dapat diterima. Dari uji korelasi didapatkan data pearson correlation sebesar 0,946, ini menunjukkan bahwa metode inquiry berbasis mind mapping memiliki korelasi yang tinggi terhadap hasil belajar siswa. Metode inquiry berbasis mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dibuktikan juga melalui uji regresi linear sederhana dengan nilai signifikasi data sebesar 0,000, dimana signifikasi (0,000) < 0,05 dengan persamaan regresi liniernya adalah Y= 11,580 + 0,985x yang artinya setiap kenaikan satu variabel X (Pelaksanaan meode inquiry berbasis mind mapping) maka nilai variabel Y ( hasil belajar) akan naik sebesar 0,985 tindakan. Besarnya nilai korelasi atau R yaitu 0,946, dari output tersebut didapatkan koefisien determinasi atau R square sebesar 0,849, sehingga dapat diartikan bahwa pengaruh metode inquiry berbasis mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Al Masudiyyah sebesar 84,9%.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Nov 2021 12:20
Last Modified: 14 Dec 2021 11:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12313

Actions (login required)

View Item View Item