ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

FATHONA, ANNISYA NUR (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Annisya Nur Fathona 23070170115.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Fathona, Annisya Nur. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Salatiga Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Jaka Siswanta, M.Pd. Kata Kunci: kesulitan belajar; matematika; pembelajaran daring Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan belajar dalam proses pembelajaran daring pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Salatiga tahun pelajaran 2021/2022, kendala kesulitan belajar dalam proses pembelajaran daring pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Salatiga tahun pelajaran 2021/2022, dan upaya siswa untuk mengatasi kesulitan belajar dalam proses pembelajaran daring pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Salatiga tahun pelajaran 2021/2022. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Informan dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Salatiga. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) siswa mengalami kesulitan belajar matematika dalam proses pembelajaran daring yang meliputi 7 indikator yaitu, kesediaan atau mengikuti pelajaran, kemampuan pemahaman materi dalam belajar, kemampuan menyelesaikan tugas dan soal latihan secara tepat waktu, ketersediaan media dan sumber belajar yang diperlukan, pengaturan waktu dan suasana belajar, kemampuan menjalin komunikasi dengan teman diskusi atau teman belajar, dan pemanfaatan teknologi, media massa, aplikasi belajar dan internet. (2) kendala kesulitan belajar matematika dalam proses pembelajaran daring meliputi 3 indikator yaitu interaksi sosial, biaya dan akses internet, serta keterampilan teknis. (3) upaya siswa untuk mengatasi kesulitan belajar matematika dalam proses pembelajaran daring yaitu, menjaga kesehatan, meningkatkan minat belajar dan usaha, mendorong dan memotivasi diri sendiri, penataan kesiapan kelas daring dan peralatan daring, serta guru

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Nov 2021 17:44
Last Modified: 29 Nov 2021 17:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12318

Actions (login required)

View Item View Item