PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ALAT PENCERNAAN PADA MANUSIA MELALUI STRATEGI GROUP INVESTIGATIONPADA SISWA KELAS V SEMESTER I MI MA’ARIF SIDOMULYO KECAMATAN SALAMAN KABUPATENMAGELANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Khariroh, Khariroh (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ALAT PENCERNAAN PADA MANUSIA MELALUI STRATEGI GROUP INVESTIGATIONPADA SISWA KELAS V SEMESTER I MI MA’ARIF SIDOMULYO KECAMATAN SALAMAN KABUPATENMAGELANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi group investigation. Masalah yang ingin digali peneliti adalah melalui strategi group investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V semester I MI Ma’arif SidomulyoKecamatan Salaman Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2016/2017? Peneliti menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklusnya terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), danrefleksi (reflecting). Subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 25 dengan 11 laki-lakidan 14 perempuan. Hasil yang diperoleh dalampenelitian melalui strategigroup investigation dapatdilihatdaripeningkatanjumlahpersentase tes formatif mulai dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Dalam pra siklus 56% siswa sudah tuntas, siklus I persentse hasil belajar siswa mencapai 64% meningkat 24% menjadi 88% pada siklus II. Mengacu pada hasil penelitian peneliti menyarankan supaya guru lebih mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih inovatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2017 04:48
Last Modified: 15 Mar 2017 04:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1232

Actions (login required)

View Item View Item