PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

saputro, Noviyan adi (2021) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
NOVIYAN ADI SAPUTRO 230770170113 cetak 1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Saputro, Noviyan A. 2021. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Darma Lestari Salatiga Tahun Pelajaran 2021/2022. Salatiga: Tadris Matematika Fakultas Tarbiyan dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Mufiq, S.Ag., M.Phil. Kata Kunci : Metode Resitasi, Hasil Belajar Matematika Tujuan dibuatnya skirpsi ini yaitu untuk mengetahui penerapan metode resitasi pada kegiatan belajar mengajar siswa dan apakah penerapan metode pembelajaran resitasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Posttest Only Control desaign. Teknik pengumpulan sampel menggunakan simple random Sampling dengan sampel berjumlah 30 siswa di kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Penerapan metode resitasi yaitu dengan latihan soal dan penugasan kelompok dan individu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dengan essay berjumlah 5 soal, dalam penelitian ini untuk menguji danya pengaruh metode resitasi dengan mengunakan uji hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS versi 16.0 for windows. Penerapan metode resitasi yaitu dengan memberikan tugas kelompok di pertemuan pertama dan memberikan tugas individu di pertemuan kedua setelah diberikanya materi oleh peneliti dan dengan diberikannya bimbingan saat pembagian tugas oleh peneliti lalu pada akhirnya pembelajaran yang telah dilakukan disimpulkan bersama. Analisis penelitian ini menggunakan uji hipotesis untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan, dan diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa alternatife diterima atau dapat dikatakan penerapan metode pembelajaran Resitasi efektif terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Nov 2021 16:02
Last Modified: 30 Nov 2021 09:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12328

Actions (login required)

View Item View Item