Pengaruh Penggunaan Video Animasi terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MIPA 3 SMA Islam Sudirman Ambarawa Pada Materi Matriks Tahun Pelajaran 2020/2021

Andarbeni, Hendra Panji (2021) Pengaruh Penggunaan Video Animasi terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MIPA 3 SMA Islam Sudirman Ambarawa Pada Materi Matriks Tahun Pelajaran 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
HENDRA PANJI ANDARBENI 23070170043 revisi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HENDRA PANJI ANDARBENI 23070170043.pdf

Download (1MB)

Abstract

Andarbeni, Hendra Panji. 2021. Pengaruh Penggunaan Video Animasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI MIPA 3 SMA Islam Sudirman Ambarawa Pada Materi Matriks Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Saiful Marom, M. Sc. Kata kunci: Penggunaan video animasi, motivasi belajar siswa Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara penggunaan video animasi terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MIPA 3 SMA Islam Sudirman Ambarawa dengan menggunakan contoh materi yaitu Matriks pada tahun pelajaran 2021/2022. Permasalahan yang diungkap adalah: 1) Bagaimana pengaruh penggunaan video animasi terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MIPA 3 SMA Islam Sudirman Ambarawa pada materi Matriks tahun pelajaran 2020/2021? 2) Seberapa besar pengaruh video animasi terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MIPA 3 SMA Islam Sudirman Ambarawa pada materi Matriks tahun pelajaran 2020/2021? Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan tekhnik analisis data dengan menggunakan alat bantu SPSS 25.0. Objek penelitian 40 responden. Pengumpulan data menggunakan instrument lembar observasi dan angket yang diisikan melalui google form. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan video animasi terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MIPA 3 pada materi Matriks pada tahun pelajaran 2020. Hasil analisis, diperoleh rhitung = 0,449. Melihat taraf signifikansi 5% pada taraf r product moment dengan dk = n – 2 = 40 – 2 = 38, diperoleh rtabel = 0,201. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa rhitung > rtabel yaitu 0,449 > 0,201 yang berarti H1 diterima. Besar nilai korelasi yaitu sebesar 0,449. Diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,201 yang berarti bahwa pengaruh variabel bebas (video animasi) terhadap variabel terikat (motivasi belajar siswa) adalah sebesar 20,1%. Adanya pengaruh penggunaan video animasi terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MIPA 3 SMA Islam Sudirman Ambarawa pada materi Matriks Tahun Pelajaran 2020 dengan presentase sebesar 20,1%.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Nov 2021 16:03
Last Modified: 30 Nov 2021 10:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12329

Actions (login required)

View Item View Item